sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Efektif Nggak Sih Sanggama Putus Sebagai Metode KB? Tanya Dokter Yuk

Muhayati Faridatun Sabtu, 13 Feb 2021 11:02 WIB
Asian young couples man and woman staying together in bed room. Girl hugging boy from behind, looking eyes at each other feeling love happy with smile face. Relationship of young girl and boy concept caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar rencana Bunda dan Ayah harus tertunda. Tak terkecuali pasangan baru menikah yang masih was-was untuk memulai program hamil. Mungkin juga suami istri yang akhirnya mengurungkan niat menambah momongan.

Berbagai upaya lalu dilakukan untuk menunda kehamilan. Ada pasangan yang memutuskan pakai alat kontrasepsi hormonal atau non hormonal, sistem kalender, ada juga yang memilih sanggama putus sebagai metode KB. Alasannya pun beragam kenapa pasangan menggunakan cara mencegah kehamilan yang dianggap paling nyaman.

Ya, Bunda mungkin enggan pakai alat kontrasepsi karena takut mengalami efek samping. Alasan lain, Bunda dan Ayah memilih metode sanggama putus karena merasa berhubungan seks lebih nikmat tanpa alat kontrasepsi.


Sanggama putus berarti Ayah melakukan orgasme di luar vagina Bunda. "Dikenal juga sebagai metode penarikan, yakni penis harus ditarik dari vagina sebelum terjadi ejakulasi. Ini mencegah air mani masuk ke vagina, memungkinkan Anda menghindari kehamilan tanpa bergantung pada alat kontrasepsi lain," demikian dikutip dari Healthline.

Metode KB dengan sanggama putus memang minim risiko terhadap efek samping alat kontrasepsi. Tapi, seberapa efektif sih untuk mencegah kehamilan? Tak sedikit juga yang bertanya-tanya, seberapa besar peluang tetap terjadi kehamilan alias kebobolan.

Nah, Bunda ingin tahu penjelasan selengkapnya? Yuk tanya langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr.Liva Widjaja, Sp.OG., dalam HaiBunda Live pada Selasa, 16 Februari 2021, mulai pukul 13.30 WIB. Eksklusif di Instagram @haibundacom!

dr. Liva Widjaja, Sp.OGdr. Liva Widjaja, Sp.OG/ Foto: Dok. Pribadi

Dengan tema: Efektifkah Sanggama Putus Sebagai Metode KB?, event ini akan dipandu oleh host Inda Endaliani. Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tulis di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung.

Bagi Bunda yang terlewat, bisa langsung nonton selengkapnya di feed Instagram @haibundacom. Semoga bermanfaat...

Simak juga penjelasan dokter tentang alat kontrasepsi bikin rahim kering, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner poligamiFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari
(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!