sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Penyebab Ibu Hamil Tak Percaya Diri & 6 Cara Jitu Mengatasinya

Muhayati Faridatun Senin, 15 Feb 2021 10:04 WIB
Pregnant woman standing by the big window with face medical mask on. Worries about child birth during pandemic. caption
Jakarta -

Kehamilan jadi satu momen yang membahagiakan bagi Bunda dan Ayah. Tapi seiring perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan, tak jarang ibu hamil yang merasa kurang percaya diri.

Perlu Bunda tahu, perubahan tubuh terjadi begitu cepat selama kehamilan. Sehingga, kondisi ini bisa membuat ibu hamil memiliki perasaan campur aduk terhadap citra diri. Alih-alih menikmati kehamilan dengan baby bump yang membesar, ibu hamil malah enggak percaya diri.

Belum lagi perubahan fisik lain yang terjadi seperti kulit jadi kering dan kusam, banyak jerawat muncul di wajah, atau mengalami kaki bengkak. Kadang, bingung juga bagaimana cara mengatasinya karena ibu hamil enggak boleh pakai sembarang obat.


Inilah salah satu alasan atau penyebab ibu hamil merasa tidak percaya diri. Seperti dikatakan psikolog olahraga, yang juga pelatih kebugaran ibu hamil sebelum dan sesudah melahirkan, Melinda Nicci, perubahan tubuh sementara itu bisa membuat ibu hamil sulit percaya diri dengan penampilan.

"Ingat, kehamilan bukanlah keadaan permanen. Tapi terkadang, kita hanya membutuhkan sedikit dorongan untuk membantu memulihkan kepercayaan diri kita," ujar Nicci, dikutip dari New York Family.

Untuk membangun kepercayaan diri, Nicci lalu menyarankan ibu hamil melakukan 6 cara berikut ini:

1. Mulai hari dengan kata-kata baik

Nicci meyakini, banyak kekuatan yang terkandung dalam kata-kata yang baik. Terlebih, kata-kata itu kita tanamkan pada diri sendiri. Jadi, ibu hamil disarankan membiasakan diri mengatakan sesuatu yang baik pada diri sendiri, segera setelah bangun tidur.

"Beri diri Anda pujian yang memberi semangat untuk menjalani hari," ucap Nicci.

2. Lawan kelelahan

Kelelahan adalah salah satu gejala utama kehamilan. Rasanya memang sulit bagi ibu hamil membangkitkan energi untuk mengusir kelelahan. Ini juga terkait erat dengan meningkatnya perasaan sedih dan depresi, yang akhirnya menurunkan kepercayaan diri.

"Cobalah sebisa mungkin mencari cara untuk menjaga energi, sehingga membantu mengatasi kelelahan itu," kata Nicci.

Simak juga tips agar kulit tidak kering selama hamil, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA IBU HAMIL TETAP PERCAYA DIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi