sign up SIGN UP search


kehamilan

Dear Calon Orang Tua Baru, Yuk Kenali Tanda-tanda Hamil di Sini

Rahmi Sarifa Rabu, 10 Feb 2021 16:15 WIB
Ilustrasi hamil muda caption

Bunda dan Ayah termasuk pasangan suami istri baru? Wah kalau begitu pastinya sudah tak sabar menantikan momongan ya. Lalu bagaimana cara mengetahui Bunda sudah hamil atau belum?

Selain menggunakan test pack dan pastinya USG, Bunda juga bisa mengetahui lewat tanda-tanda hamil yang umumnya terjadi. Apa saja? Yuk simak selengkapnya dikutip dari berbagai sumber.

Terdapat kram ringan dan bercak

Biasanya tanda-tanda hamil berupa kram ringan dan bercak terdapat pada minggu 1 hingga 4 awal kehamilan. Telur yang dibuahi menciptakan blastocyst (kelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh bayi. Sekitar 10 hingga 14 hari (minggu ke-4) setelah konsepsi, blastocyst akan ditanamkan di endometrium, lapisan rahim. Ini dapat menyebabkan perdarahan implantasi.


Berikut adalah beberapa tanda-tanda perdarahan implantasi:

Warna: Warna mungkin berbeda mulai dari merah muda, merah, atau cokelat.

Nyeri: Nyeri mungkin ringan, sedang, atau parah.

Jangka waktu: Perdarahan implantasi kemungkinan akan berlangsung kurang dari tiga hari dan tidak memerlukan perawatan.

Peningkatan suhu tubuh

Suhu tubuh basal yang lebih tinggi mungkin juga merupakan tanda-tanda hamil. Suhu inti tubuh Bunda juga dapat meningkat lebih mudah selama berolahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, Bunda harus memastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.

Kelelahan selama kehamilan awal

Kelelahan dapat berkembang kapan saja selama kehamilan. Gejala ini umum terjadi pada kehamilan dini. Kadar progesteron Bunda akan melonjak, yang dapat membuat Bunda merasa mengantuk.

Ingin mengetahui lebih lanjut, yuk tekan BACA HALAMAN BERIKUTNYA sebagai penjelasan lebih lanjut.

Banner Sacha Stevenson
Peningkatan denyut jantung
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi