sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Penyebab Ibu Hamil Ngidam: Hormon hingga Faktor Budaya

Muhayati Faridatun Senin, 08 Feb 2021 19:31 WIB
Husband offers his pregnant wife tasty cakes relaxing on the sofa at home. Future father takes care about expecting mother. caption
Jakarta -

Ngidam yang terjadi saat kehamilan memang sudah biasa ya. Tapi tahukah, Bunda, apa saja yang menyebabkan ibu hamil ngidam? Bahkan, ada lho yang mengalaminya selama kehamilan.

Perlu Bunda tahu, perubahan cepat dalam tubuh ibu hamil bisa sangat menyulitkan secara emosional, memicu segala macam pikiran dan emosi negatif, yang mengelilingi citra tubuh hingga harga diri. Inilah yang bisa menyebabkan ibu hamil ngidam, seperti dikutip dari Psychology Today.

Dikatakan psikiater kecanduan dr.Omar Manejwala, M.D., ada tingkatan ngidam yang berbeda. Salah satunya adalah keinginan ngemil yang aneh, atau bahkan sangat aneh, yang hanya terjadi selama kehamilan. Bisa saja ibu hamil mendadak ingin makanan yang tidak disukai sebelum kehamilan.


"Biasanya muncul selama kehamilan trimester pertama, memuncak pada trimester kedua, dan umumnya hilang sebelum melahirkan," ujarnya.

Dokter Omar menjelaskan, ngidam ini tak bisa diprediksi, Bunda. Bahkan, menurutnya, kondisi ini bisa saja berbeda dari kehamilan pertama ke kehamilan berikutnya. Sedangkan mual dan enggan makan sesuatu cenderung terjadi di saat yang sama, serta ngidam yang tak terduga.

Lalu, apa saja sih penyebab ibu hamil ngidam? Bunda simak penjelasan berikut, yang HaiBunda rangkum dari What to Expect dan Psychology Today:

1. Hormon

Hormon kehamilan bisa berperan dalam perubahan nafsu makan ibu hamil. Terutama di awal kehamilan, saat tubuh ibu hamil dibanjiri hormon, dalam arti positif. Jika biasanya selalu ingin makan cokelat sebelum menstruasi, saat hamil cenderung merasakan dorongan yang sama.

2. Indra yang aneh

Reseptor rasa dan indra penciuman ibu hamil mungkin sangat sensitif, atau umumnya terganggu selama kehamilan. Bunda bisa saja merasa jijik saat menggigit brokoli karena mulut terasa sangat pahit.

Bubun juga merasakan nih, saat hamil anak pertama. Biasanya suka banget makan telur, tapi saat ngidam di trimester awal, Bubun enggak sanggup mencium bau telur saat digoreng. Bawaannya pasti mual.

Lalu, apa lagi penyebab ngidam selanjutnya? Yuk klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA. Ada hadiah menarik menanti Bunda lho.

Banner Melly Goeslaw Sukses DietFoto: Mia Kurnia Sari
Penyebab ibu hamil ngidam
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!