sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Bisakah Cacat Janin Dicegah Sejak Program Hamil? Tanya Dokter Yuk

Muhayati Faridatun Jumat, 19 Mar 2021 17:00 WIB
Female doctor giving prescription paper to couple at desk in clinic caption
Jakarta -

Kebahagiaan ibu hamil makin lengkap apabila menjalani kehamilan normal, hingga melahirkan bayi sehat. Tentu saja, cacat janin jadi kondisi yang sangat tidak diharapkan.

Perlu Bunda tahu, cacat janin atau cacat lahir adalah masalah yang terjadi saat bayi berkembang di dalam rahim. Kondisi ini bisa minor atau ringan, bisa juga parah.

"Sebagian besar cacat janin terjadi dalam tiga bulan atau trimester pertama kehamilan, saat organ masih dalam proses pembentukan," demikian penjelasan yang dikutip dari Healthline.


Kondisi cacat janin ini bisa memengaruhi penampilan fisik, fungsi organ, serta perkembangan fisik dan mental. Bunda perlu ketahui juga, beberapa kondisi cacat lahir dinilai tidak berbahaya.

Banner skincare 7 artis anti-mahal

Sementara kondisi cacat janin lain ada yang membutuhkan perawatan medis jangka panjang. Lalu, apa saja sih yang bisa menyebabkan kondisi cacat janin dalam kandungan?

Salah satu penyebabnya adalah faktor genetik, Bunda. Jadi, orang tua bisa menurunkan kelainan genetik pada bayi. Ini terjadi saat gen menjadi cacat karena mutasi atau perubahan. Dalam beberapa kasus, gen atau bagian dari gen mungkin hilang.

"Cacat janin karena faktor genetik ini terjadi saat pembuahan dan sering kali tak bisa dicegah. Kemungkinan juga, cacat tertentu ada di sepanjang riwayat keluarga salah satu atau kedua orang tua," begitu penjelasan dalam artikel berjudul Birth Defects tersebut.

Sedangkan faktor penyebab cacat janin selain genetik adalah gaya hidup, paparan obat atau bahan kimia tertentu, infeksi selama kehamilan, dan bisa juga kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Sebagian besar calon bunda mungkin bertanya-tanya, apakah cacat janin atau cacat lahir bisa dicegah? Bisakah pencegahan dilakukan sejak perencanaan atau program hamil?

Lebih jelasnya, Bunda bisa bertanya langsung pada dr.Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K), dalam program HaiBunda Live yang berlangsung pada Selasa, 23 Maret 2021, mulai pukul 13.30 WIB. Eksklusif di Instagram @haibundacom.

Dengan tema: Cegah Cacat Janin Sejak Perencanaan Kehamilan, program ini akan dipandu host Inda Endaliani. Bagi Bunda yang ingin mengajukan pertanyaan, bisa tulis di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung.

Bagi Bunda yang terlewat, langsung saja nonton selengkapnya di feed @haibundacom. Semoga bermanfaat...

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi