sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Perlukah Pengencangan Vagina Setelah Melahirkan? Yuk Tanya Pakar di Sini

Muhayati Faridatun Jumat, 28 May 2021 13:05 WIB
Shot of serious young gynecologist giving guidelines to his pregnant patient in the clinic. caption
Jakarta -

Bunda merasa Miss V kendur atau longgar setelah melahirkan normal? Sebagian mungkin bertanya-tanya, perlu enggak sih melakukan pengencangan vagina?

Salah satu cara untuk 'mengencangkan' vagina disebut vaginoplasty. Dikutip dari WebMD, vaginoplasty adalah prosedur untuk 'mengencangkan' vagina yang kendur akibat proses melahirkan atau penuaan.

Perlu Bunda ketahui, prosedur vaginoplasty awalnya dikembangkan sebagai operasi rekonstruktif untuk memperbaiki cacat lahir ketika bentuk vagina cacat, terlalu pendek, atau tidak ada seperti pada agenesis vagina.


"Sehingga, seorang gadis dapat tumbuh dengan normal untuk buang air kecil, menstruasi, dan berhubungan seksual," demikian penjelasan dalam ulasan WebMD tersebut.

Bunda perlu ingat juga, prosedur vaginoplasty ini bisa menimbulkan risiko. Antara lain infeksi, perubahan sensasi yang permanen, nyeri berkelanjutan, dan jaringan parut atau luka bekas operasi. Disarankan, Bunda konsultasi dengan dokter sebelum melakukan vaginoplasty.

Jadi, perlukah melakukan pengencangan vagina setelah melahirkan? Yuk Bunda simak langsung penjelasan Spesialis Bedah Plastik Klinik Beyoutiful dan RS Tarakan, dr.Puti Adla Runisa, B.Med.Sc, Sp.BP-RE., dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa, 1 Juni 2021, mulai pukul 13.30 WIB.

Dengan tema: Pengencangan Vagina dengan Vaginoplasty, Perlukah Dilakukan Pasca Melahirkan?, program ini akan dipandu host Inda Endaliani. Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tuliskan di kolom artikel ini atau saat live berlangsung.

Jangan sampai terlewat ya...

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi