sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Nadia Mulya Pantang Curhat Hal Pribadi di Medsos, Lebih Suka Cerita ke Sahabat

Annisa Afani Selasa, 08 Jun 2021 23:00 WIB
Nadia Mulya caption
Jakarta -

Menjadi orang tua bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) memang enggak mudah, Bunda. Meski begitu, Nadia Mulya menyebut bahwa Bunda dengan anak kondisi tersebut adalah orang yang luar biasa.

Ibu dari empat orang anak ini percaya, bahwa ABK selalu diturunkan dan dikaruniai oleh Tuhan pada wanita yang kuat. Ia bahkan banyak memuji dan tak ragu untuk memberikan jempolnya karena selalu diselimuti perasaan salut.

"Aku percaya bahwa anak-anak berkebutuhan khusus atau spesial ini memang diturunkan dan diberikan pada ibu-ibu yang kuat"


"Luar biasa. Karena aku punya beberapa teman yang memiliki anak-anak spesial, aku tuh angkat jempol sama mereka," tuturnya dalam program Live Instagram HaiBunda dengan tema Sharing Gaya Parenting Nadia Mulya, dikutip pada Selasa (8/6/2021).

Bukan tanpa alasan, Nadia ungkap bahwa ia mungkin tak dapat sekuat ibu bagi ABK, Bunda. Hal ini karena ia merupakan sosok yang tidak sabar dan selalu menuntut segala sesuatu dapat bergerak dengan cepat.

"Karena, aku tuh kan orangnya yang sangat tidak sabar, serba gerak cepat. Kemudian aku melihat teman-teman aku ini, mereka bisa merawatnya."

"Aku yakin dengan semua ibu dengan segala kondisi yang seperti itu, mereka pasti bisa menemukan kekuatan. Cuma aku salut sama mereka," tuturnya.

Presenter Insert Trans TV itu juga akui bahwa kesabaran yang dimiliki oleh orang tua yang merawat ABK itu tak terbatas. Ia bahkan menilai kesabaran tersebut seluas samudera dan tak terhingga karena harus diikuti dengan komitmen jalani perawatan yang dibutuhkan.

"Merawat anak dengan spesialis itu membutuhkan kesabaran seluas samudera, itu satu."

"Kedua, membutuhkan komitmen juga. Karena kan artinya mereka juga butuh mungkin sekolahnya yang berbeda, membutuhkan terapi dan sebagainya,"

"Jadi teman-teman aku itu luar biasa. Mereka cari terapi ini lalu enggak berhasil, kemudian cari lagi," ungkapnya.

Meski begitu, Nadia turut memberi pesan bagi orang tua ABK, Bunda. Katanya, khusus bagi ibu, perlu untuk tetap mengurus diri sendiri. Artinya, tidak lupa untuk bahagia.

"Jangan sampai enggak ada waktu untuk nyenengin diri sendiri. Kenapa aku bisa happy, karena aku balance nih antara ngurus anak, karier, menjadi istri, sama sosialisasi," katanya.

Lebih lanjut, Nadia juga memberikan tips agar kebahagiaan bagi Bunda ABK dapat terpenuhi. Salah satunya dengan kebiasaan yang kerap ia jalani, yakni menghabiskan waktu untuk bertemu sahabat dan cerita hingga tertawa.

"Jadi kalau misalnya aku lagi mumet banget sama kerjaan, kesel sama suami, dinamika kehidupan kan seperti itu. Nah daripada posting media sosial sampai seluruh dunia tahu, aku mending ketemu sama sahabat-sahabat aku yang sama-sama ibu-ibu. Kami ngopi, sudah itu kami cerita semuanya, terus ketawa-ketawa, sudah habis itu (bakal) refresh."

"Makanya untuk bagi para ibu, memiliki anak dengan kondisi khusus seperti itu, jangan pernah lupa untuk mengurus atau mengapresiasi diri sendiri. Itu wajib."

"Beli sesuatu yang kita suka. Itu boleh kok, karena ya kita mesti take care (peduli) sama diri sendiri," pesannya dengan serius.

Simak pula dukungan cinta Mona Ratuliu untuk si Mantan Model dengan anak berkebutuhan khusus dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi