sign up SIGN UP search


parenting

2 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Melukai Hati Anak Tanpa Disadari

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 09 May 2021 17:05 WIB
mother scolds her child caption

Jakarta - Memarahi anak sepertinya menjadi hal yang umum dilakukan orang tua. Bunda juga sering memarahi Si Kecil di rumah? Hemm... hati-hati ya, Bunda, jangan sampai omelan kita melukai hati anak nih.

Menghargai perasaan anak dengan menahan diri agar tidak bersikap, memberikan komentar, mempermalukan mereka jadi hal penting bagi tumbuh kembangnya. Ketimbang merendahkannya secara tidak langsung, Bunda dapat memberikan apresiasi atas keberhasilan maupun kegagalan yang dilakukannya.

Sayangnya, banyak orangtua tidak menyadari hal ini ya, Bunda. Perilaku yang kerap mengucilkan dan bersifat negatif dalam konteks apa pun kerap dilakukan. Padahal, hal tersebut dapat merusak kesehatan mental mereka di kemudian hari.


Melansir dari Asiaone, kunci untuk membesarkan anak yakni dengan membangun sistem pendukung yang kokoh di rumah agar ia tumbuh baik dengan pencapaian dan ambisinya.

Namun terkadang, orangtua tidak menyadari dampak perilaku tertentu terhadap anak-anak. Tindakan ini pun dapat menyebabkan jiwa-jiwa kecil yang sangat Bunda cintai terluka.

Perlu Bunda tahu bahwa anak-anak pantas mendapatkan apa yang mereka dapatkan. Katakan pada mereka bahwa Bunda mencintainya dengan kata-kata dan perilaku yang penuh perhatian.

Sering-seringlah menyentuh anak dengan pelukan dan usapan lembut. Bahkan, jika Bunda mendisiplinkan anak, peganglah tangannya saat Bunda menyuruhnya dan hindari untuk tidak memukul. 

Berikan juga sikap yang konsisten seperti selalu menepati janji. Para ahli mengatakan jika orangtua terus menerus melanggar janjinya maka anak akan belajar bahwa perkataan orangtua tidak dapat dipercaya dan bahwa tidak apa-apa untuk menjanjikan sesuatu dan kemudian tidak menepatinya.

Selain itu, berikut dua hal yang sering para orang tua lakukan dan tanpa disadarai bisa membuat anak terluka:

1. Mengatai malas

Ya Bunda, perbuatan melukai anak yang juga tak boleh dilakukan yakni menghina anak-anak dengan menyebut mereka malas, tidak baik, tidak berharga, dan kata kasar lainnya. Jika Bunda kerap melakukannya, segeralah menghentikan kebiasaan tersebut ya, Bunda. Karena, hal itu dapat menyakiti anak lebih jauh dari yang Bunda sadari. Dan sikap tersebut tak akan menginspirasi mereka untuk menjadi lebih baik.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk kisah seorang Bunda yang mengira anaknya aneh tapi ternyata memiliki kecerdasaan luar biasa dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

PERBUATAN MELUKAI HATI ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!