sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Manfaat Orang Tua Membiasakan Diri Minta Maaf pada Anak

Annisa Karnesyia Selasa, 15 Jun 2021 15:43 WIB
Ibu dan anak caption
Jakarta -

Bunda perlu membiasakan anak minta maaf sejak dini ya. Tapi, Bunda juga perlu mencontohkan hal ini ketika membuat anak tidak nyaman atau melakukan kesalahan pada anak.

Menurut Ratih Zulhaqqi, M,Psi, Psikolog, meminta maaf itu bukan hanya kita merasa bersalah ke buah hati. Meminta maaf adalah cara kita untuk menghargai sebuah hubungan.

"Meminta maaf itu untuk menghargai sebuah hubungan. Jadi yang meminta maaf bukan hanya yang melakukan kesalahan, tapi bisa saja karena ada rasa ketidaknyamanan," kata Ratih, dalam Live Instagram Haibunda, Selasa (15/6/21).


Meskipun anak masih kecil dan belum mengerti apa pun, bukan berarti orang tua enggak perlu meminta maaf ya. 'Magic word' ini menjadi begitu penting untuk membuat anak merasa dihargai.

"Minta maaf itu penting banget untuk anak. Di situ ada perasaan dihargai, dicintai, dan di situlah cikal bakal rasa percaya diri serta bagaimana anak akan menilai diri mereka secara positif," ujar Ratih.

"Meskipun mereka anak kecil, bukan berarti enggak perlu dimintai maaf. Ada semacam kebahagiaan di dalam diri anak ketika kita berjiwa besar untuk meminta maaf."

Meminta maaf kepada anak memberikan manfaat luar biasa lho. Bunda bisa mengajarkan si Kecil untuk berjiwa besar. Selain itu, kita akan membangun koneksi dengan anak sebagai bentuk bonding.

Nah, saat meminta maaf ke anak, Bunda harus benar-benar tulus. Coba untuk komunikasi dengan anak, memahami perasaannya, dan membahas apa yang membuatnya tidak nyaman, lalu meminta maaf.

"Pertama itu minta maaf harus dari hati kita, tidak ada yang menyuruh atau panggilan hati. Selanjutnya, ketika minta maaf, coba tatap mata anak atau duduk sejajar (eye level) kalau anak masih kecil. Pasti selalu ada hal manis setelah kita minta maaf," ujar Ratih.

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi