sign up SIGN UP search


moms-life

Penting Nih, 5 Tips Hemat Belanja Bulanan di Supermarket

Siti Hafadzoh Sabtu, 10 Oct 2020 11:18 WIB
Ilustrasi belanja di supermarket caption
Jakarta -

Di tanggal gajian, supermarket biasanya ramai dengan orang yang belanja bulanan. Apakah Bunda termasuk orang yang langsung belanja bulanan setelah gajian?

Uang di rekening Bunda mungkin masih banyak dan cukup untuk belanja bulanan. Tapi, pikirkan lagi ya, jangan sampai uangnya habis di tengah bulan.

Bunda perlu strategi nih supaya bisa memenuhi kebutuhan ketika belanja bulanan sekaligus menghemat uang. Dikutip dari Huffington Post, ini lima tips hemat ketika belanja bulanan di supermarket:


1. Fokus pada kebutuhan

Ketika akan belanja kebutuhan, seperti susu, beras, dan daging, Bunda mungkin akan melewati beberapa rak. Biasanya, rak bukan berisi barang kebutuhan pokok.

Jadi, ketika sampai di supermarket, langsung cari kebutuhan pokok ya< Bunda. Jangan tergoda untuk membeli barang-barang lainnya dulu.

2. Jangan melihat merek

Bunda terlalu terpaku pada brand? Misalnya, harus membeli gula atau garam dari merek tertentu.

Nah, cobalah untuk melihat barang serupa dengan merek berbeda yang harganya lebih murah. Dengan begini, Bunda bisa hemat lebih banyak uang lho.

3. Makan dulu sebelum belanja

Banyak keluarga yang memutuskan untuk pergi belanja bulanan sebelum makan malam atau makan siang. Akibatnya, Bunda menjadi lapar ketika belanja.

Kalau belanja dalam keadaan lapar, Bunda cenderung akan mengeluarkan lebih banyak uang lho. Jadi, usahakan makan dulu di rumah ya sebelum pergi belanja.

4. Buat daftar belanja

Daftar belanja sangat penting lho untuk Bunda. Tidak hanya membantu mengingat barang yang diperlukan, daftar belanja juga menghindari Bunda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Cek dulu persediaan bahan pokok di rumah. Setelah mencatat daftar belanja, barulah Bunda pergi ke supermarket.

5. Sebisa mungkin tidak mengajak anak

Belanja di supermarket memang punya manfaat untuk anak. Misalnya, mengajarkan anak memilih buah dan sayur atau yang paling sederhana adalah menghitung.

Namun, sebaiknya sebisa mungkin hindari mengajak anak pergi belanja bulanan. Karena biasanya anak-anak akan meminta beli banyak hal dan orang tua kesulitan untuk melarangnya.

Lihat juga langkah mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!