sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Cara Mona Ratuliu Atasi Anak Tantrum, Kuncinya Hati Harus Adem

Annisa Karnesyia Selasa, 29 Jun 2021 15:33 WIB
HaiBunda Squad caption
Jakarta -

Artis cantik Mona Ratuliu punya trik khusus untuk mengatasi tantrum pada anak bungsunya, Numa Kamala Srikandi. Seperti diketahui, Numa yang kini berusia 1,1 tahun masih belum bisa mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata, Bunda.

"Numa belum bisa ngomong terlalu banyak, yang sederhana minta makan atau minum. Sisanya dia tidak bisa mengungkapkan," kata Mona, dalam Haibunda Live Instagram bersama Le Minerale.

Tak jarang Numa pun mengungkapkan emosinya dengan tantrum. Biasanya dia menjadi tantrum karena mengantuk, lapar, kelelahan, atau mencari perhatian nih, Bunda.


"Dia tantrum kalau terlalu ngantuk, capek, cari perhatian, atau menginginkan sesuatu tapi kita tidak kasih. Numa itu suka main kabel, kalau kita larang itu biasanya anaknya tantrum," ujar Mona.

Menurut ibu empat anak ini, Numa masih terlalu kecil untuk bisa mengelola emosinya. Sang buah hati pun masih berada di tahap belajar untuk mengenali emosinya sendiri. dia juga masih belum bisa mengelola emosinya sendiri.

Banner Resep Masakan Rendah KaloriBanner Resep Masakan Rendah Kalori/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Bagi Mona, tantrum yang dialami putri bungsunya itu bukan masalah besar alias wajar. Mona percaya bahwa tantrum adalah salah satu tahapan perkembangan yang hampir dilalui semua anak.

"Tantrum itu salah satu step pertumbuhan yang hampir dilalui semua anak, walaupun ada anak yang jarang atau sering tantrum," kata wanita 39 tahun ini.

"Tantrum bukan masalah, masalah sebenarnya adalah bagaimana cara orang tua untuk mengelola emosinya dan waktu yang tepat untuk menghadapinya."

HaiBunda SquadHaiBunda Squad/ Foto: Instagram HaiBunda

Menurut Mona, langkah pertama untuk menghadapi anak tantrum adalah tenang atau enggak usah panik. Tunggu sejenak sampai pikiran mulai tenang dan hati terasa adem.

"Step pertama, orang tua harus tenang dan enggak usah panik. Setelah tenang, kita baru bisa berpikir dan cari penyebabnya. Bisa jadi anak mau minum karena haus atau lapar. Setelah tahu penyebab, pelan-pelan kita cari solusinya," ujar Mona.

Selain itu, Bunda juga enggak boleh baper alias terbawa perasaan saat anak tantrum ya. Kalau sudah baper biasanya akan muncul perilaku-perilaku buruk yang ditujukan ke anak, seperti memukul atau mencubit.

Untuk bisa mengatasi anak tantrum memang tak mudah bagi Mona Ratuliu. Ia belajar untuk mengontrol emosinya dan meminta tolong bantuan sang suami saat dia berusaha menenangkan diri, Bunda.

"Pernah pengalaman coba untuk mengontrol diri dan enggak mau marah lagi. Tapi namanya juga perempuan emosinya enggak stabil. Jadi waktu itu anakku tantrum dan mood aku lagi enggak oke, tapi aku sadar enggak boleh baper jadi aku menenangkan diri. Titipin anak ke bapaknya atau orang di rumah sambil aku tenangin diri, minum air mineral," katanya.

"Intinya berusaha untuk menenangkan diri. Nomor satu hatinya adem dulu. Saat anak tantrum, coba tenangkan diri dengan minum," sambungnya.

Urusan menenangkan diri saat anak tantrum, Mona memilih minum air Le Minerale nih, Bunda. Kemasannya yang tidak pakai galon bekas membuat air Le Minerale higienis untuk keluarga Mona Ratuliu.

"Air mineral keluarga kita, Le Minerale. Kalau aku pilih galon dan ini tidak pakai galon bekas jadi higienis, dan tutupnya kedap udara. Pokoknya aku memastikan kalau buat anak-anakku harus sehat dan higienis, khususnya di masa pandemi," ujar istri Indra Brasco ini.

Simak juga tips atas tantrum, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!