sign up SIGN UP search


parenting

4 Manfaat Self Healing dalam Mengasuh Anak, Bunda Jadi Lebih Sabar Lho

Meita Fajriana Selasa, 18 May 2021 20:56 WIB
Dreamy mother sitting on kitchen floor together with her lovely daughter, enjoying morning coffee, drinking beverage and spending weekend in cozy apartment, resting at home caption

Jakarta - Menjadi orangtua adalah sebuah anugerah yang membahagiakan. Namun dalam praktiknya tidak selamanya mudah. Banyak tantangan yang dihadapi, paling penting adalah berlatih sabar dan menjaga emosi. Bunda harus jauh dari stres agar dapat menularkan energi positif tersebut pada anak. 

Nah, bagaimana agar emosi tetap terjaga saat merawat Si Kecil? Bunda harus bisa melalukan self healing. Yaitu metode menyembuhkan dan menenangkan diri sendiri agar terbebas dari berbagai penyakit khususnya psikologis. Dengan melakukan self healing akan memberikan efek ketenangan hati dan pikiran. 

Melansir dari laman Definitions, self healing berarti proses pemulihan yang dimotivasi dan diarahkan oleh naluri pasien itu sendiri. Meskipun terlihat mudah karena sifatnya yang spontan dan alami, namun metode self healing ini sudah dibuktikan selama ratusan tahun untuk melengkapi penyembuhan medis. Terapi ini memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh segera sembuh, otak menyampaikan ke organ lainnya. 


Dalam peranan sebagai orangtua metode ini tentu sangat sesuai agar menjadikan Bunda orangtua yang semakin hebat. Contohnya saat Bunda mengalami putus asa karena sulitnya masa menyusui, bahkan mengalami penyakit seperti mastitis, semua bisa dengan mudah dilewati jika bunda mencoba melakukan self healing. Dengan begitu, bayi Bunda juga akan merasakan sendiri semangat sang ibu sehingga dapat menambah erat hubungan ibu dan anak. 

“Sejarah sering terulang kembali. Penelitian telah dengan jelas menunjukkan bahwa keterikatan anak-anak kita akan dipengaruhi oleh apa yang terjadi pada kita ketika kita masih muda jika kita tidak datang untuk memproses dan memahami pengalaman itu.” kata Dan Siegel, dikutip dari laman Ahaparenting. 

Anak tidak butuh kesempurnaan dari orangtua mereka. Yang perlu kita lakukan adalah menghindari menyakiti mereka, dan menawarkan kepada mereka hal-hal menyenangkan dan selalu ada inilah yang dilakukan orangtua hebat. Tidak perlu sempurna namun merangkul, mendekap, membelai, dan selalu ada saat mereka butuh. 

Namun hal ini sulit untuk dilakukan secara konsisten karena kebanyakan dari kita sering tidak sabar dalam menghadapi kelakuan Si Kecil. Tenang hal ini wajar Bunda, yuk terus belajar jadi orangtua terbaik untuk Si Kecil. Untuk itu, Bubun udah rangkum nih cara menerapkan self healing agar berpengaruh pada pengasuhan anak yang lebih baik, dilansir dari lama Aha Parenting. Yuk simak Bunda. 

1. Kesadaran penuh

Langkah pertama Bunda harus sadar betul bahwa anak belum tahu salah dan benar. Inilah yang menjadi tugas kita sebagai orangtua. Dibandingkan dengan berteriak dan memarahi, menjelaskan dengan suara lembut dan kata-kata yang mudah dipahami adalah cara terbaik. Bunda, benar hal ini tidak mudah karena bisa jadi Bunda mengalami hal ini juga di masa lalu dan tidak mendapatkan perlakuan semestinya, sehingga mendorong Bunda melakukan hal yang sama pada Si Kecil. 

Kini, Bunda bisa mengambil napas terlebih dahulu, jika sudah tenang ajak anak duduk sentuh dengan lembut dan beri penjelasan pada mereka tentang hal yang ingin diketahuinya. Jika sudah memilih cara seperti ini, Bunda telah melakukan self healing dengan baik, lakukan terus menerus sehingga menjadi kebiasaan ya Bunda. 

 Baca informasi lebih lengkap di halaman selanjutnya!

Bunda, simak juga yuk gaya parenting Puteri Indonesia 2013 Whulandary Herman, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TERAPKAN SELF HEALING BAGI ORANGTUA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!