sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pilih Popok untuk Si Kecil

Mutiara Putri Minggu, 29 Aug 2021 14:20 WIB
Father change diaper to baby boy on baby changing table caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, biasanya Bunda akan menyiapkan banyak popok untuk Si Kecil, nih. Nyatanya, pemilihan dan penggunaan popok bisa mempengaruhi tumbuh dan kembang anak, lho.

Menurut dokter spesialis anak, dr. Bernie E. Medise, SpA(K), MPH, ternyata ada sebuah penelitian yang dibuat pada tahun 2012 tentang cara berjalan anak saat memakai popok kain, popok sekali pakai, dan tidak memakai popok sama sekali. Penelitian menyatakan bahwa ada perbedaan yang terlihat nih, Bunda.

"Ternyata memang pada saat dia telanjang dan pakai popok, berbeda. Tetapi yang paling lurus itu yang terlihat memang pada saat tidak pakai apa-apa, ya. Diikuti dengan popok yang disposible, baru popok yang kain," jelas dr. Bernie dalam dalam acara kolaborasi Lazada dengan Haibunda di Lazada Baby and Kids Festival pada Jumat (27/8/21).


"Jadi memang sedikit ada perbedaan tetapi begitu Si Anak dibuka popoknya, dia berjalan baik lagi. Jadi memang pada saat menggunakan popok itu memang ada sedikit perbedaan tapi itu bersifat sementara," sambungnya.

Penggunaan popok pada anak tentu tidak akan bertahan lama, Bunda. Jika sudah beranjak besar, Si Kecil mulai bisa meninggalkan popok dan belajar menggunakan toilet atau toilet training.

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pilih popok

Agar Bunda tak salah memilih popok yang baik untuk Si Kecil, dr. Bernie membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan, nih. Jangan sampai pemilihan popok yang kurang tepat malah membuat Si Kecil enggak nyaman, ya.

1. Ukuran

Hal yang paling pertama yang harus Bunda perhatikan sebelum pilih popok untuk Si Kecil adalah ukurannya, nih. Menurut dr. Bernie, ukuran popok adalah hal yang paling sering dilupakan oleh kebanyakan orang tua.

"Kadang-kadang kita sebagai orang tua suka lupa ya, anak kita kemarin dibelikan satu box besar, ternyata berat badan anak bertambahnya cepat. Ukurannya berubah. Jadi kalau membeli popok harus sesuai dengan ukuran dan usianya," jelas dr. Bernie.

"Karena kalau terlalu besar bisa mengganggu, terlalu kecil apalagi. Seperti kita menggunakan baju yang terlalu sempit kan kita juga enggak enak," tambahnya.

2. Lihat bahannya

Setelah menentukan ukuran yang tepat untuk Si Kecil, hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah bahan dari popoknya nih, Bunda. Tak hanya itu, pastikan juga popok yang akan digunakan Si Kecil terbuat dari bahan yang lembut dan mudah menyerap.

"Kegunaan popok itu kan untuk menyerap dan diharapkan cepat kering sehingga dia tidak mengiritasi atau membuat kulit anak jadi terganggu. Jadi bahannya juga harus diperhatikan," tutur dr. Bernie.

3. Kenyamanan

Setelah ukuran dan bahannya pas, selanjutnya Bunda perlu ingat untuk selalu mengganti popok Si Kecil, nih. Penggantian popok yang teratur bisa membantu pergerakan Si Kecil tetap nyaman, Bunda.

"Kalau misalnya sudah menggunakan (popok), jangan terlalu lama. Sebentar-sebentar kita lihat apa anak kita baru buang air besar atau buang air kecil sehingga cepat diganti," jelas dr, Bernie.

"Ini semua membantu supaya pergerakannya tetap nyaman tetapi kulit tetap terjamin, dan tidak terjadi infeksi," sambungnya.

Bunda, simak juga video hal yang perlu dihindari orang tua pada anak sekolah dasar berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!