sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Fakta Minuman Herbal Teh Daun Jati Cina untuk Diet, Bahaya Bun!

Mutiara Putri Jumat, 01 Oct 2021 09:40 WIB
SEBABKAN DIARE KRONIK HINGGA TURUNKAN KALIUM
cup of herbal tea with chamomile flowers on a wooden table caption

2. Bisa sebabkan diare kronik

Penggunaan teh daun jati cina yang terbatas bukan tanpa alasan, Bunda. Karena sifatnya yang memperlancar BAB, Bunda yang mengonsumsi teh ini lebih dari tujuh hari kemungkinan akan mengalami diare kronik.

"Kalau digunakan lebih dari tujuh hari, itu biasanya akan timbul diare kronik. Jadi, BAB terus bisa lima kali sehari, bisa lebih," ungkap dokter Inggrid.

3. Turunkan kalium dalam darah

Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih tentu akan menimbulkan efek negatif, Bunda. Begitu juga dengan teh daun jati cina. Dr. Inggrid mengatakan, mengonsumsi teh daun jati cina secara berlebihan bisa menyebabkan hipokalemia.


"Hipokalemia tuh artinya kalium di dalam darah itu jadi turun, jadi rendah karena diare terus. Jadi, kalium di dalam darah ikut keluar," katanya.

4. Mengganggu kinerja jantung

Saat diare terjadi secara terus menerus, tentunya kesehatan organ lainnya akan terganggu, Bunda. Misalnya saja kinerja jantung.

"Itu (hipokalemia) nanti justru jantungnya akan terganggu. Jadi, hati-hati banget dengan daun jati cina," imbuhnya.

5. Berat badan turun secara tak sehat

Daun jati cina justru dijadikan peluang besar meraup keuntungan bagi sebagian pedagang 'nakal', Bunda. Mereka menjual daun jati cina dengan klaim berat badan si pembeli akan menurun secara cepat.

"Saat ini memang banyak pedagang yang nakal yang menjual daun jati cina dengan indikasi menurunkan berat badan. Ya, memang sih berat badan akan turun karena kan diare terus. Tapi kan malah jadi penyakit baru," kata dokter Inggrid.

(mua/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!