sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Yuk Bun, Belajar Mengatur Keuangan Keluarga saat Hadapi Penyakit Berat

Muhayati Faridatun Sabtu, 02 Oct 2021 18:47 WIB
Picture of adult woman having a visit at female doctor's office caption
Jakarta -

Cara mengatur keuangan keluarga memang tidak mudah ya, Bunda. Apalagi jika mendadak ada anggota keluarga yang mengidap penyakit berat, sehingga perlu perawatan berkelanjutan dan butuh biaya sangat besar.

Jika tidak siap, Bunda sebagai 'menteri keuangan' keluarga bisa kewalahan untuk menutupi biaya tersebut. Inilah yang Bubun alami beberapa waktu lalu. Setelah sembuh COVID-19, radang kandung kemih (cystitis) Bubun rupanya kambuh lagi sampai harus operasi.

Sebelum operasi, Bubun berkali-kali rawat jalan dan menjalani rentetan pemeriksaan, seperti USG dan CT scan abdomen. Hingga akhirnya, dokter menganjurkan operasi dengan prosedur sistoskopi melalui saluran kencing.


Setelah mengetahui estimasi biayanya, Bubun dan suami kaget bukan main karena mencapai puluhan juta. "Tabungan kita nggak cukup, Bun," ucap suami, sambil berpikir ke mana lagi mencari tambahan uang.

Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji Besar

Alhamdulillah, setelah sempat kebingungan, terkumpul juga nominal yang dibutuhkan. Selain dari asuransi kantor, Bubun dan suami harus menguras tabungan, merelakan beberapa logam mulia, juga dapat pinjaman dari kakak.

Apakah Bunda pernah mengalami? Kalau sudah begini, baru sadar betapa pentingnya mengatur keuangan keluarga lebih bijak lagi. Mau tahu caranya? Yuk tanya langsung ke Financial Trainer Fransisca Emi, CFP, dalam HaiBunda Live pada Selasa (5/10/2021), mulai pukul 13.30 WIB. Eksklusif di Instagram @haibundacom.

Dengan tema: Tips Keuangan Keluarga yang Sehat saat Menghadapi Penyakit Berat, program ini akan dipandu Zika Zakiya, selaku Managing Editor HaiBunda.com. Bagi Bunda yang ingin bertanya seputar tema, tuliskan saja di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung.

Jadi, jangan sampai terlewat ya! Tapi kalau tak sempat menonton, Bunda bisa saksikan di IGTV @haibundacom. Semoga bermanfaat...

Simak juga 5 cara hasilkan uang dari tanaman hias, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!