sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Yuk Kupas Tuntas Stunting Bersama Dokter, Ada Hadiah Menarik Lho Bun

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Sabtu, 22 Jan 2022 12:06 WIB
A little girl is at the doctors office for a check up. A nurse is sitting with them and talking to the mother. caption
Jakarta -

Stunting jadi salah satu masalah tumbuh kembang anak yang menghantui para orang tua. Untuk itu, Bunda perlu tahu cara mencegah stunting agar tak dialami Si Kecil. Yuk kita bahas bersama ahlinya.

Tapi sebelum itu, Bubun jelaskan lagi ya soal pengertian stunting menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia). Stunting atau terlalu pendek di usia anak, di mana tinggi badannya lebih dari dua standar deviasi di bawah kurva pertumbuhan WHO.

"Stunting disebabkan karena nutrisi yang tidak memadai dan serangan infeksi berulang selama 1.000 hari pertama kehidupan seorang anak," tulis WHO dalam situs resminya.


Hal ini juga dijelaskan Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Meta Hanindita, Sp.A(K)., dalam laman Instagram pribadinya. Ia mengutip sebuah jurnal, yang menyebutkan stunting paling banyak terjadi di 1.000 hari pertama kehidupan anak, yakni mencapai angka 71,8 persen.

Banner Nama Bayi Aestetic

Dokter Meta juga menjelaskan, penyebab stunting secara garis besar bisa dibedakan jadi dua, yakni asupan yang kurang atau meningkatnya kebutuhan. Asupan yang kurang bisa karena kemiskinan, enggak bisa membeli makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil atau bayi dan anak.

"Bisa juga karena ketidaktahuan orang tua tentang praktik pemberian makan yang tepat," tulis Dokter Meta.

Lalu, apa sih dampak stunting bagi kehidupan anak di masa datang? Menurut penjelasan WHO, stunting bisa menyebabkan penurunan perkembangan kognitif dan fisik, penurunan kapasitas produktif dan kesehatan buruk, serta peningkatan risiko penyakit degenaritf seperti diabetes.

Dokter Meta pun mengingatkan, "Stunting bukan sekadar pendek tapi bisa juga menurunkan IQ, menurunkan performa pekerjaan saat dewasa, dan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit kelak."

Banner HaiBunda Live Stunting

Nah, inilah pentingnya Bunda tahu bagaimana cara mencegah stunting pada anak. Yuk kita kupas tuntas soal stunting bersama Dokter Meta dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, Selasa (25/1/2022), mulai pukul 19.00 WIB.

Acara yang akan dipandu Managing Editor HaiBunda, Zika Zakiya, ini juga akan kedatangan dua member HaiBunda Squad, yang bisa bertanya langsung pada narasumber. Bagi Bunda yang ingin bertanya juga, bisa tuliskan di kolom komentar saat live berlangsung ya.

Tiga pertanyaan terpilih akan mendapatkan hadiah menarik dari Bubun, yakni voucher belanja masing-masing senilai Rp 100.000. Seru kan! Jangan sampai terlewat ya, Bunda...

Simak juga penjelasan dr. Reisa Broto Asmoro tentang benarkah anak stunting akan hasilkan keturunan stunting juga, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!