sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Simak Bun, Cara Membuat Anak Bahagia dan Kesehatan Mental Terjaga

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 16:50 WIB
HaiBunda Live Jaga Kesehatan Mental Anak HaiBunda Live: Jaga Kesehatan Mental Anak/ Foto: Novita Rizki/HaiBunda
Jakarta -

#HaiBunda di era digital seperti sekarang, kita jadi makin sering melihat konten media sosial tentang kesehatan mental. Tak cuma orang dewasa, tapi juga orang tua yang posting soal anaknya.

Bubun mau ingatkan juga nih, ternyata menjaga kesehatan mental anak itu penting banget. Bahkan dikatakan Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener, M.Psi., orang tua harus melakukannya sejak kehamilan.

"Sedini mungkin, yakni sejak mengetahui kehamilan kita," ucap Bunda Samanta kepada HaiBunda.


Ia jelaskan lebih lanjut, banyak penelitian menyebutkan, ibu yang bahagia saat mengandung akan berperan penting dalam kondisi kesehatan mental anak saat lahir, tumbuh, dan berkembang. Jadi, inilah alasan kenapa bumil harus happy terus ya, Bunda.

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kondisi kesehatan mental anak. Bunda Samanta mengatakan, antara lain transgenerational trauma, trauma pengasuhan, tekanan hidup, dan tekanan sosial terutama dari sosial media.

"Bisa juga dari makanan yang dikonsumsi, apakah nutrisi terpenuhi atau kurang, gaya hidup tidak sehat, dan sebagainya," ujarnya.

Hmm, Bubun jadi bertanya-tanya nih. Apakah sering tantrum merupakan ciri anak terkena gangguan mental? Bunda Samanta menjawab, tantrum adalah fase wajar yang dilalui setiap anak, Bunda.

Sementara itu, ciri kesehatan mental berpusat pada tiga hal yakni perilaku, emosi, dan bagaimana tahap perkembangan anak sesuai atau tidak dengan usianya (milestone). Bunda perlu pahami juga, setiap gangguan mental memiliki ciri atau gejala masing-masing.

"Sehingga, ketiga hal tersebut menjadi hal yang paling mendasar untuk diamati pada anak-anak," tuturnya.

Nah, istilah 'kena mental' sekarang jadi fenomena yang populer ya, Bunda. Tak terkecuali di lingkungan anak-anak. Benar enggak sih, anak-anak zaman now lebih rentan kena gangguan mental? Kondisi ini enggak boleh disepelekan, lho!

"Lebih tepatnya, mereka (anak-anak) lebih sadar dan penasaran dengan kondisi mereka," kata Bunda Samanta.

"Artinya, mereka lebih peduli pada kesehatan mental mereka karena campaign kesehatan mental makin banyak dilakukan. Sehingga, mereka lebih sering membicarakan, tapi bukan berarti semuanya rentan."

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental agar anak bahagia? Bunda tanyakan langsung yuk, Bunda Samanta akan sharing di HaiBunda Live Instagram @haibundacom, pada Selasa (22/11/2022) mulai pukul 17.00 WIB.

Kali ini, dalam rangka menyambut Hari Anak Sedunia pada 20 November, Bubun mengusung tema Jaga Kesehatan Mental Anak: Awas Jangan Sampai Stres. Acara ini akan dipandu Managing Editor HaiBunda, Zika Zakiya.

Bubun juga kedatangan tamu spesial lho, yakni dua member komunitas HaiBunda Squad yang akan berbincang langsung dengan narasumber. Jangan sampai terlewat ya, Bunda!

Kalau mau bergabung juga ke komunitas HaiBunda Squad, buruan daftar klik di SINI. Gratis!

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!