sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Yuk Kulik Peluang Bisnis Ramadan Biar Makin Cuan, Dapatkan Hadiah Menarik Bun!

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Minggu, 27 Mar 2022 08:10 WIB
Banner HaiBunda Live Bisnis Ramadan caption
Jakarta -

#HaiBunda tak terasa bulan Ramadan 2022 sudah di depan mata ya. Biasanya, bisnis online jelang bulan puasa makin ketat nih persaingannya. Kalau Bunda baru mau memulai usaha, perlu strategi jitu supaya tetap cuan.

Menurut Islamic Financial Planner, Putri Madarina, CFP®, peluang bisnis di tahun ketiga pandemi COVID-19 mulai menunjukkan angin segar, Bunda. Ia melihat, perekonomian sudah mulai membaik dan daya beli masyarakat juga meningkat.

"Tahun pertama kan masih goyah, kalau sekarang ada dua poin sih. Pertama, kita mudah-mudahan sudah recover dari pandemi. Kedua, kita memang sudah terbiasa ada di siklus ini," ujar Putri, saat dihubungi HaiBunda, Jumat (25/3/2022).


Wanita yang akrab disapa Puma ini melihat, Ramadan kali ini jadi kesempatan bagus untuk Bunda memulai bisnis online. Lebih bagus lagi bisnis yang berhubungan dengan Ramadan atau Lebaran ya, Bunda.

Ortu Beri Nama Anak

Disarankan, Bunda memanfaatkan momen dengan menjual apa saja yang relevan dengan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Perlu dipertimbangkan juga, apakah bisnis yang Bunda mulai ini akan berlanjut setelah Ramadan nanti.

"Kita mesti bisa melihat jenisnya dulu. Apakah bisnis ini mau musiman atau jangka panjang. Kalau musiman, kita pakai strategi mengikuti momen," Putri menyarankan.

"Tapi kalau mau jangka panjang dan bukan cuma untuk Ramadan, sebenarnya kita bisa lihat bisnis ini bertahan atau enggak itu nanti setelah Ramadan."

Focused Young Muslim Female Entrepreneur Wearing a Hijab Reading Through Paperwork While Working in Her Home Office. Work Opportunities For Muslim Women Concept. Freelance Concept.Ilustrasi bisnis online saat Ramadhan/ Foto: Getty Images/PixelsEffect

Persaingan bisnis Ramadan

Karena Ramadan adalah bulan penuh berkah, berjualan apa saja yang relevan sepertinya akan tetap laku ya, Bunda. Tapi, kita enggak boleh menutup mata soal persaingan bisnis online. Terutama bisnis makanan, hampers Lebaran, atau alat salat.

"Saya lihat, persaingan bisnis online saat Ramadan memang setiap seller pakai strategi yang sama, serta menjual barang-barang yang sama. Tapi, selama kita punya keunikan sendiri, pasti ada marketnya," tutur Putri.

Ia pun mengingatkan, tantangan bisnis ini akan Bunda hadapi setelah Lebaran karena bujet belanja masyarakat sudah habis. Nah, bagaimana strategi selanjutnya? Kulik langsung yuk, bareng Bunda Putri dan member HaiBunda Squad pemilik UMKM, Bunda Yora Anastasha.

Kedua tamu Bubun akan hadir dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom pada Selasa, 29 Maret 2022, mulai pukul 19.00 WIB. Dengan tema Tips Bisnis Online Jelang Ramadan, program ini dipandu Editor HaiBunda Prita Daneswari.

Siapkan pertanyaan terbaik Bunda ya, karena 3 pemenang akan mendapat hadiah menarik dari @demenyemil.id milik Bunda Yora. Jangan sampai terlewat lho!

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!