sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Tips Bisnis Online Menjelang Ramadan, Bisa Cuan Sebelum Lebaran

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 30 Mar 2022 11:48 WIB
Cool application. Happy muslim girl in hijab using smartphone, texting or browsing internet and looking at camera, pink background with free space caption
Jakarta -

Bulan Ramadan 2022 sudah tiba di depan mata. Menjelang Ramadan, biasanya ada banyak bisnis online yang akan kembali menjamur. Bunda mau coba melakukannya?

Peluang bisnis di bulan Ramadan bisa memberikan untung yang lebih tinggi dari bulan biasanya jika dijalankan dengan tepat, lho. Meski masih berjalan di tengah pandemi, Bunda yang ingin berbisnis bisa memulainya pada bulan Ramadan kali ini.

Menurut Islamic Financial Planner Putri Madarina, bulan Ramadan 2022 mulai menunjukkan angin segar bagi para pelaku bisnis online. Peluang bisnis di bulan kali ini diprediksi akan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


"Kalau kita lihat, sekarang sudah Ramadan ketiga di tengah pandemi sejak tahun 2020. Kalau dulu di awal pandemi mungkin ada shock therapy karena ada banyak perubahan sehingga penjualannya tidak nendang. Tapi di tahun ini masyarakat sudah terbiasa menjalani pandemi," tutur Putri dalam sesi HaiBunda Live, Selasa (29/3/22) malam.

Putri memaparkan banyak mal saat ini sudah mulai terisi dengan penjual maupun pembeli. Perekonomian masyarakat yang mulai membaik, membuat banyak orang berani mengeluarkan uang.

Momen Ramadan 2022 dapat menjadi titik awal bagi Bunda yang ingin memulai bisnis. Bisnis Bunda yang sebelumnya sempat meredup juga bisa dipulihkan mulai sekarang.

Banner Nama Bayi Islami Bahasa SansekertaFoto: HaiBunda/Novita Rizki

Namun, menjalankan bisnis tentunya tak semudah yang dibayangkan, ya? Nah, berikut ini kiat-kiat berbisnis di bulan Ramadan 2022 yang bisa Bunda terapkan:

1. Manfaatkan momen Ramadan

Banyak orang melewatkan kesempatan berbisnis karena ragu untuk mengawalinya. Padahal, bisnis dapat berjalan lebih lancar apabila dilakukan pada momen yang tepat.

Putri mengatakan, bulan Ramadan merupakan momen di mana penjualan cenderung lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya.

"Sales secara keseluruhan itu cenderung naik di momen tertentu seperti Ramadan ini. Lalu setelah Lebaran, biasanya akan cenderung turun lagi. Semua bisnis pasti sulit di awal, namun jangan ragu memulainya," tutur Putri.

Pengalaman serupa pernah dirasakan oleh Bunda Yora Anastasha, pemilik bisnis kuliner online @demennyemil.id. Bunda Yora yang awalnya memulai bisnis dengan iseng menjual menu masakan lasagna, kebanjiran pesanan berkali-kali lipat pada bulan Ramadan.

"Awalnya aku melahirkan menjelang pandemi, lalu setelah pandemi sampai di titik stres sehingga aku ingin healing dengan memasak. Setelah dicoba, ternyata banyak yang bilang enak sehingga aku berjualan. Lalu di bulan Ramadan, ternyata pesanan melonjak hingga 400 loyang," tutur Bunda Yora.

"Ternyata banyak orang menghabiskan uang dengan sangat cepat di bulan Ramadan, apalagi untuk makanan. Banyak juga yang membeli bukan buat diri sendiri, tapi buat dikirim ke orang lain untuk berbuka puasa, atau sebagai hampers Lebaran," sambungnya.

Apabila sudah berani mengambil momen yang tepat, Bunda juga perlu membangun personal branding. Apa itu personal branding? Baca di halaman berikutnya, ya.

Saksikan juga video tentang kisah pelaku bisnis tanaman hias yang raup cuan berkat fitur Instagram Live:

[Gambas:Video Haibunda]

BANGUN PERSONAL BRANDING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!