sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Mengulik Serba-serbi Bisnis Kue Kering Lebaran, Dapatkan Hampers Menarik Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 10 Apr 2022 12:16 WIB
happy family in the kitchen. mother and  child son preparing the dough, bake cookies caption
Jakarta -

#HaiBunda, memasuki pekan kedua bulan Ramadan, bisnis kue kering Lebaran makin menjamur ya. Persaingan makin ketat, bagaimana strategi supaya tetap cuan? Yuk kita kulik bareng perencana keuangan.

Dari tahun ke tahun, memang sudah jadi budaya masyarakat kita belanja kue kering untuk sajian Hari Raya Idul Fitri. Menurut Financial Planner Rista Zwestika, CFP., jualan kue-kue kering bisa jadi peluang yang oke untuk bisnis.

"Apalagi kalau punya komunitas atau perkumpulan yang bisa jadi target pasarnya," ujar Rista, yang menjabat Head of Advisory & Financial Planning Finansialku.com.


"Penjualan bisa dilakukan secara online di e-commerce maupun media sosial."

Banner Pagar Minimalis Tren

Rista melihat, banyak kelebihan yang didapat jika kue kering ini Bunda jadikan bisnis jelang Lebaran. Tak hanya bersaing dengan harga yang variatif, berbagai macam jenis kue, serta bentuk dan rasanya bisa jadi keunggulan.

Bunda juga bisa memulai bisnis kue dengan modal kecil dan keuntungan yang didapat lumayan lho! Mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per toples. Selain itu, kue kering termasuk makanan yang tahan lama dan tak mudah basi.

"Keuntungan tentu saja disesuaikan dengan modal yang dikeluarkan," kata Rista.

Tapi perlu Bunda ingat juga, Rista mengingatkan, bisnis kue kering ini juga ada beberapa kelemahan. Antara lain persaingan yang makin ketat, tak memiliki cita rasa spesial, permintaan belum stabil, dan jangkauan pemasaran yang belum luas.

Rista menyarankan, agar tetap banjir orderan, ada baiknya Bunda meningkatkan skill dengan pelatihan baking. Jadi, Bunda bisa inovasi rasa, bentuk, hingga kemasan. Untuk penjualan, lakukan di media sosial atau e-commerce agar jangkauan pemasaran lebih luas.

"Tentukan market dengan tepat, kira-kira produk kue kering kita akan dipasarkan di kalangan mana. Jual dengan sistem reseller atau drop ship juga cukup menjanjikan karena market lebih luas," ucapnya.

Banner HaiBunda Live Bisnis Kue Kering

Nah, Bunda masih penasaran dengan tips sukses bisnis kue kering? Kulik langsung yuk bareng Bunda Rista Zwestika, CFP., dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (12/4) mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema Mengulik Bisnis Kue Kering, acara ini akan dipandu Editor HaiBunda Cutik Faridatun. Ada tamu spesial juga lho dari komunitas HaiBunda Squad pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Bunda Stefanie Buyung.

Bunda tiga anak ini akan berbagi tips sukses bisnis kue kering, yang sudah dijalani belasan tahun. Seru banget pastinya! Jangan lupa Bunda, siapkan pertanyaan terbaik karena Bubun akan memilih tiga pemenang untuk mendapatkan hampers menarik dari narasumber.

Catat tanggalnya ya! Semoga Bunda beruntung...

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!