sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Budaya Kirim Hampers Lebaran, Bolehkah dalam Islam?

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 09:10 WIB
Hari Raya Idul Fitri caption
Jakarta -

#HaiBunda saling berkirim hampers Lebaran sudah jadi budaya ya di masyarakat kita. Tapi tahukah Bunda, sebenarnya bagaimana menurut sudut pandang Islam, apakah diperbolehkan?

Bubun juga masih suka bertanya-tanya kok soal ini. Supaya enggak penasaran lagi, akhirnya Bubun ngobrol bareng seorang Ustazah Aisyiyah, yakni Bunda Siti Majidah, Lc., MA., khusus membahas hampers Lebaran.

Menurut penjelasan Ustazah Majidah, pada hakikatnya, budaya saling kirim hampers Lebaran termasuk ke dalam kategori pemberian hadiah. Dalam fikih sunah, hadiah dimaknai dengan:


عقد موضوعه تمليك الإنسان في الحياة بلا عوض

"Akad atau pemberian yang berkenan dengan harta pemiliknya tanpa mengharapkan imbalan," ujar Dosen Universitas Aisyiyah Yogyakarta ini kepada HaiBunda, Sabtu (16/4).

Ustazah Majidah menambahkan, hukum hadiah dalam Islam sendiri dibolehkan, Bunda. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

تهادو تحابوا

Hendaklah kalian saling memberi hadiah. Niscaya kalian akan saling mencintai. (HR Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Cerita Bunda Ramadan 2022

Jadi, hampers bisa diibaratkan dengan pemberian hadiah yang bertujuan mempererat tali persahabatan, menguatkan kasih dan sayang, dan menghilangkan rasa kedengkian. Sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW:

Saling menghadiahilah kalian karena sesungguhnya hadiah itu akan mencabut atau menghilangkan kedengkian. (HR. Ibnu Mandah)

Ustazah Majidah mengingatkan, "Di dalam Islam, pemberian hadiah baik dalam bentuk hampers atau lainnya tidak harus di waktu Hari Lebaran. Jadi, bisa kapan saja tanpa perlu ada momen khusus seperti Hari Raya."

"Namun, karena ini sudah jadi tradisi yang populer, selama tidak menyalahi aturan syariat, maka tetap dibolehkan dengan beberapa ketentuan."

Apa saja ketentuannya? Bunda baca di halaman selanjutnya ya.

Simak juga hampers makanan di pernikahan Putri Tanjung, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

HAMPERS LEBARAN BOLEH TAPI...
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!