sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Cara Tepat Mengelola THR, Budget Kirim Hampers Lebaran Berapa Persen?

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Jumat, 22 Apr 2022 11:42 WIB
Confusded lady in hijab and her upset husband with bills, sitting together on couch in living room, middle-eastern young family counting their spendings, suffering from financial difficulties caption
Jakarta -

#HaiBunda tak terasa Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah sudah dekat. Alhamdulillah, sebagian dari bunda mungkin sudah menerima THR ya. Nah, Bunda harus tepat mengelola THR supaya enggak tekor gara-gara kirim hampers Lebaran.

Menurut Islamic Financial Planner, Putri Madarina, CFP®, budaya kirim hampers sebenarnya baik, Bunda. Apalagi kalau memberi hampers berisi makanan atau minuman, lalu dijadikan menu buka puasa, pahalanya sangat besar.

"Di satu sisi, kita bisa menyambung silaturahmi, itu satu hal yang positif ya," ujar wanita yang akrab disapa Puma ini kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Meskipun baik, kebiasaan kirim hampers harus menyesuaikan budget juga, Bunda. Puma mengatakan, budget bisa jadi kendala karena biasanya tidak disiapkan secara khusus. Bunda mungkin baru terpikir untuk kirim hampers saat awal Ramadan.

Banner Tips Menggoreng Ikan

Budget hampers dari THR

Kalau misalnya Bunda dapat THR, saran Puma, sebenarnya ada prioritas yang lebih penting yakni bayar zakat. Setelah itu, kalau punya utang yang jatuh tempo, itu wajib dibayarkan dulu. Barulah pos sedekah, Bunda.

"Hampers itu bisa masuk kategori sedekah," kata Puma.

Tapi, Bunda juga harus pastikan apa saja kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran nanti. Apalagi kalau Bunda dan keluarga berencana mudik ke kampung halaman. Tentu budget mudik ini enggak cukup sedikit ya.

Bunda perlu ingat nih, THR termasuk pendapatan tahunan yang digunakan untuk pengeluaran tahunan juga. Misalnya, tahun ini Bunda enggak mudik, budget hampers Lebaran bisa banget tuh diambil dari budget mudik.

"Jadi, THR nggak bisa langsung diambil 50 persen untuk hampers. Sebagai gambaran, budget mungkin 10 sampai 15 persen dari THR. Jadi kita bisa menyesuaikan, dilist kira-kira kita bisa kasih apa," tutur Puma.

Supaya aman, berikut tips alokasi budget THR yang paling diutamakan:

1. Zakat fitrah atau zakat mal

2. Utang yang jatuh tempo

3. Sedekah ke orang terdekat yang membutuhkan

4. Hampers

5. Self reward, misalnya beli baju atau tas baru

Puma berpesan, "Kalau ada halangan nggak bisa kirim hampers, kondisi keuangan kita nggak memungkinkan, jangan memaksakan. Kalau ada budget lebih, THR juga bisa digunakan untuk kita sendiri. Asalkan sudah dialokasikan semua di pos masing-masing."

Nah, kalau mau THR Bunda aman, yuk ikutan HAMPERS Ramadan untuk Bunda. HaiBunda bakal bagi-bagi banyak hadiah, mulai dari minyak goreng, air fryer, sampai logam mulia! Buruan daftar sekarang di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!