sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Hancur dan Lengket di Wajan, Sudah Benar Bun?

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 09:20 WIB
Red snapper fish being fried in frying pan on stove. Cooking vegetarian meal. caption
Jakarta -

Menggoreng ikan merupakan salah satu yang sering dihindari para Bunda. Mulai dari malas lengket di wajan, terkena cipratan minyak panas, hingga meninggalkan bau amis pada ruangan. Lalu, seperti apa tips memasaknya?

Selain itu, menggoreng ikan juga dianggap sebagai hal yang sulit. Sebab, seringkali hancur saat ikan dibalik. Tak sebanding dengan waktu memakannya yang bisa habis dalam sekejap ya, Bunda.

Menggoreng ikan bukan cuma soal cara kita memasaknya, Bunda. Tapi juga tentang pemilihan minyak goreng yang tepat. Saat menggoreng ikan dengan minyak juga harus menunggu sampai wajan panas.


Mengutip Readers Digest, salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak sabar memasukkan ikan ke wajan. Untuk menghindari ikan hancur saat dibalik, kita harus menunggu minyak dan wajan benar-benar panas.

Ketika ikan dingin bersentuhan dengan logam panas, mereka membentuk ikatan kimia yang sulit untuk dipecahkan. Hal inilah yang sering membuat ikan jadi lengket di wajan dan hancur saat dibalik, Bunda.

"Letakkan wajan Anda di atas kompor dan nyalakan dengan api sedang selama 3-5 menit sebelum memasukkan ikan," kata Giuseppe Tentori, koki eksekutif dan mitra di GT Fish & Oyster.

Banner Pagar Minimalis TrenFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Cara Menggoreng Ikan

Cara menggoreng ikan dibagi menjadi dua, yaitu menggoreng dengan minyak sedikit atau ikan tidak terendam minyak dan menggoreng sampai seluruh ikan terendam minyak (deep-frying fish). Saat melakukan cara yang pertama, minyak yang digunakan bisa jenis minyak sayur atau kanola ya, Bunda.

Sedangkan jika menggoreng ikan sampai terendam minyak, minyak kanola paling baik digunakan. Jenis minyak ini memiliki rasa yang netral dan harganya murah, cocok untuk digunakan dalam jumlah banyak.

"Minyak zaitun (olive oil) juga bisa menjadi pilihan untuk menggoreng ikan yang terendam minyak, terutama jika ingin membuat ikan goreng yang sehat," ujar Shaw.

Nah, untuk menggoreng ikan yang telah diasinkan atau dibumbui, Bunda bisa gunakan minyak zaitun yang bisa cepat meresap ke ikan. Baca tips lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video tips menyimpan bumbu dapur biar tahan lama:

[Gambas:Video Haibunda]



EMPAT CARA MENGGORENG AGAR TIDAK HANCUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!