sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kupas Tuntas Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Yuk Tanya Dokter di Sini

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 18:20 WIB
Kulwap HaiBunda Hepatitis Akut Kulwap Cara Cegah Hepatitis Akut pada Anak/ Foto: Tim HaiBunda
Jakarta -

#HaiBunda Penyakit misterius yang belakangan muncul bikin resah ya, Bunda? Apalagi, kebanyakan virus misterius ini menyerang anak-anak dan belum tahu penyebab pastinya. Salah satunya Hepatitis akut misterius.

Dijelaskan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasusĀ Hepatitis akut misterius banyak ditemukan pada anak usia di bawah 16 tahun. Semakin muda usia anak, gejala penyakitnya bisa lebih berat, Bunda. Duh, perlu waspada nih!

Belum lama ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merilis hasil studi terbaru tentang temuan adenovirus 41 dalam 7 sampel di Indonesia. Kemenkes lalu menduga, ada kemungkinan Hepatitis akut misterius ini bisa menular lewat udara.


"Penularan hepatitis akut berat ini diperkirakan lewat dua cara, yaitu melalui udara atau airbourne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut sebagai adenovirus," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi.

"Kemudian virus hepatitis sendiri ya, sebagian besar menyebar dan menularkan melalui makanan fecal oral."

Karena belum tahu penyebab Hepatitis akut misterius secara pasti, Bubun jadi lebih was-was nih. Apalagi dua anak Bubun sudah aktif Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. Apakah Bunda punya kecemasan yang sama?

Yuk, kita kulik soal virus misterius ini bersama Dokter Spesialis Anak, dr. Melisa Anggraeni, M.Biomed, Sp.A. Lewat Kuliah WhatsApp (Kulwap) dengan tema Kenali Virus Hepatitis untuk Cegah Hepatitis Akut pada Anak, dokter Melisa akan menjawab langsung pertanyaan para Bunda.

Jangan sampai terlewat ya, Kulwap HaiBunda ini akan berlangsung pada Jumat, 17 Juni 2022, pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. Ada giveaway menarik lho untuk 5 Bunda penanya terbaik, yang akan dipilih oleh Tim HaiBunda.

Bunda tertarik ikutan? Cus buruan daftar di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!