sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tingkatkan Bonding dengan Anak, Coba 5 Aktivitas Menyenangkan Ini Yuk

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 27 Jun 2022 16:25 WIB
Happy family keeps fresh pieces of bell pepper. Cute little girl cooking with her mother. Cooking vegetarian meal at kitchen. Making salad. Healthy lifestyle. Recipe of vitamins nutrition caption
Jakarta -

Bonding atau ikatan orang tua dan anak perlu dijaga ya, Bunda. Bahkan, sejak Si Kecil dalam kandungan. Bonding yang kuat pastinya sangat bermanfaat untuk kehidupan anak di masa depan.

Tapi ternyata, menurut riset, banyak orang tua yang belum memahami pentingnya bonding dengan anak. Terutama sejak bayi baru lahir, Bunda. Dijelaskan konselor pendidikan Amerika Serikat, Marvin Knittel, Ed.D., salah satu penyebabnya adalah stres berlebihan.

"Banyak faktor yang berkontribusi seperti kemiskinan, ketidaktahuan, dan stres berlebihan. Orang tua sibuk dengan masalah mereka sendiri," ujar Knittel, dikutip dari Psychology Today.


Padahal, Knittel menambahkan, orang tua bisa melakukan hal kecil tapi sangat berarti untuk bayi mereka. Caranya, hanya dengan memeluk dan menghibur saat anak menangis. Pada dasarnya, anak butuh kehangatan dan merasakan kehadiran Bunda.

"Langkah-langkah sederhana ini bisa secara signifikan mengurangi kecemasan anak," tuturnya.

Inilah pentingnya Bunda dan Ayah sadari, orang tua perlu menyempatkan waktu bersama anak di tengah kesibukan sehari-hari. Caranya gampang kok, lakukan aktivitas keluarga yang menyenangkan di rumah.

Banner Eklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFI

Berikut deretan aktivitas menyenangkan yang bisa meningkatkan bonding dengan anak, melansir dari Happy Mom Hacks:

1. Main petak umpat

Meskipun jadul, petak umpat tetap salah satu permainan favorit anak-anak di rumah. Di waktu senggang seperti akhir pekan, Bunda dan Ayah sempatkan yuk bermain petak umpat bersama Si Kecil.

2. Permainan balon

Bunda cukup sediakan balon tiup dan kipas tangan untuk menepuk balon. Cara memainkannya yakni terbangkan balon ke udara, setel timer, hitung berapa lama Bunda, Ayah, dan Si Kecil, bisa pertahankan balon di udara dengan kipas. Siapkan juga ya, hadiah simpel dan menarik untuk pemenangnya.

3. Camping di rumah

Kalau punya tenda, Bunda dan Ayah bisa mengajak Si Kecil camping di rumah. Pindahkan kasur lipat ke dalam tenda, plus bantal dan guling. Mainkan berbagai permainan di dalam tenda supaya camping lebih seru.

4. Maraton nonton film

Saat liburan sekolah, biasanya banyak film anak dan keluarga ditayangkan. Baik di TV nasional atau TV berbayar. Bunda dan Ayah tinggal pilih deh, apa saja film favorit Si Kecil.

5. Bermusik bareng

Tak melulu dengan permainan, cara meningkatkan bonding dengan anak bisa dari kegemaran Bunda dan Si Kecil dalam bermusik. Bahkan, sekarang bermusik dengan Si Kecil bisa membuat Bunda kebanjiran hadiah lho. 

Bagaimana caranya?Pas banget nih, HaiBunda punya acara menarik untuk meningkatkan bonding Bunda dan Si Kecil plus hadiah total jutaan rupiah juga lho! Buruan daftar di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!