sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Curhat Masalah Sekolah Anak ke Psikolog Yuk, Gratis & Ada Hadiah Menarik Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 23 Jul 2022 15:40 WIB
HaiBunda Live Tips Anak Sekolah HaiBunda Live: Tips Anak Aman Bergaul dan Belajar di Sekolah/ Foto: Novita Rizki/HaiBunda
Jakarta -

#HaiBunda Si Kecil baru masuk sekolah pertama kali? Wah, rasanya pasti campur aduk tuh saat melepas anak sekolah dan say bye di gerbang. Happy tapi kok cemas juga, 'Kakak bisa ditinggal nggak ya?'.

Kecemasan ini pasti dialami banyak orang tua, termasuk Bubun. Makanya, jangan heran kalau ada Tim Bunda yang 'nongkrong' di sekolah dari bel masuk sampai waktu pulang. He he heee... Si Kecil begitu juga, Bunda?

Soal adaptasi lingkungan baru seperti sekolah, Psikolog Muthia Dwi Larasati, M.Psi., melihat kemampuan anak yang erat dengan kemandirian dan kepercayaan diri. Ia menganjurkan, anak ditanamkan kemandirian dan kepercayaan diri yang baik sejak usia dini.


"Sehingga, saat tiba waktunya anak masuk sekolah, mereka sudah memiliki bekal yang cukup," ujar Psikolog Klinis Anak di Mentari Anakku ini kepada HaiBunda, Jumat (22/7/2022).

Tips anak mandiri di sekolah

Bagaimana sih, cara menumbuhkan kemandirian dan kepercayaan diri anak? Bunda Muthia menyarankan, biarkan anak melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara mandiri. Sebisa mungkin tanpa bantuan Bunda atau Ayah ya.

Misalnya Si Kecil masih TK, kalau sudah bisa makan, pakai baju, ke toilet secara mandiri, biarkan ia melakukannya sendiri. Bunda dan Ayah bisa mendukungnya dengan memberi semangat agar Si Kecil bisa menyelesaikannya.

"Jika anak butuh bantuan, orang tua bisa memberi bantuan sedikit demi sedikit atau berkala," ucapnya.

"Untuk anak SD, bila anak sudah bisa membawa peralatan makan sendiri ke tempat cuci piring, biarkan ia melakukannya. Orang tua juga bisa mengajak anak melakukan kegiatan sehari-hari seperti menyiram tanaman, menyapu, mengepel lantai, cuci mobil atau motor."

Selain itu, Bunda juga bisa membiasakan anak mempersiapkan sendiri barang-barang keperluan sekolah. Beri tahu juga, hal apa saja yang akan Si Kecil lakukan selama di sekolah. Jadi, anak bisa lebih mandiri dan yakin dengan kemampuan sendiri.

Jangan salah pilih sekolah

Nah, supaya anak betah belajar dan bergaul di sekolah, sebenarnya penting banget memastikan pilihan orang tua adalah pilihan anak juga. Sebelum memilih sekolah, sebaiknya tanyakan pendapat anak tentang sekolah tersebut, Bunda.

"Pastikan anak nyaman dengan pilihan sekolah. Orang tua dan anak perlu survey ke beberapa sekolah, tanyakan pihak sekolah sedetil mungkin tentang kekhawatiran yang orang tua rasakan, misalnya tentang bullying," tuturnya.

Intinya, selalu libatkan anak dalam keputusan apa pun tentang sekolah ya, Bunda. Lalu, bagaimana jika hal yang Bunda takutkan di sekolah terjadi menimpa Si Kecil atau temannya? Bagaimana sebaiknya orang tua bersikap?

Yuk, tanyakan langsung ke Bunda Muthia dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (26/7/2022) mulai pukul 19.00 WIB. Dengan tema: Tips Anak Aman Bergaul dan Belajar di Sekolah, program ini akan dipandu Managing Editor HaiBunda, Zika Zakiya.

Bubun juga akan kedatangan tamu spesial lho, yakni dua member komunitas HaiBunda Squad yang akan join live dan konsultasi langsung ke narasumber. Bagi Bunda yang punya pertanyaan terbaik juga Bubun siapkan hadiah menarik nih! Semoga beruntung yaaa...

Simak juga video berikut yuk, ada tips meningkatkan daya ingat anak agar memudahkan proses belajar:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!