kehamilan

Ini Sebabnya Suami Juga Bisa Ngidam Saat Istri Hamil

Asri Ediyati Jumat, 25 Aug 2017 14:30 WIB
Ini Sebabnya Suami Juga Bisa Ngidam Saat Istri Hamil
Jakarta - Pernah nggak sih Bun, saat hamil malah suami fokus yang ngidam, tapi kitanya nggak? Mulai ngidam makanan sampai barang-barang yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan. Hmm, kenapa ya ini terjadi?

Menurut psikolog klinis dewasa, Tara de Thouars BA MPsi dari Sanatorium Dharmawangsa dan Lighthouse Clinic, Jakarta, saat istri hamil, suami juga mengalami perubahan psikologis. Mereka, para calon ayah, menjadi lebih sensitif dan khawatir.

Baca juga: Dukungan Berarti Suami Saat Istri Melahirkan


"Para suami biasanya akan mencemaskan tanggung jawab sebagai kepala keluarga. Apakah nanti mereka mampu manafkahi keluarganya, bisa cemas juga karena nantinya ia juga akan menjadi contoh bagi anaknya," papar Tara dalam acara Festival Ngidam SGM Bunda, di Suasan Restaurant, Aston Hotel Kuningan Suites, Jakarta, baru-baru ini.

Untuk mengatasi kecemasan dan melepas stres itu akhirnya para suami juga ikutan ngidam. Meski nggak hamil, aktivitas hormonal mereka pun juga ikutan naik turun.

Baca juga: Chrissy Teigen Pernah Benci Suami karena Stres Usai Melahirkan

"Ketika melibatkan perasaan, pasti terjadi aktivitas hormonal. Lalu, ada kemungkinan juga kalau suami yang ngidam ini karena ikut-ikutan istrinya. 'Ah aku nggak mau kalah pokoknya sama istri, kalau dia mau minta ini itu, aku pun bisa dong minta ini itu juga," ungkap Tara.

Untuk pengaruh hormonalnya seperti apa, kalau menurut Dr Arthur Brennan dari Kingston University, London, ngidam pada suami biasanya disebabkan hadirnya hormon prolaktin di dalam tubuh, padahal hormon prolaktin itu ada pada ibu yang menyusui, demikian dikutip dari Daily Mail.

Jadi, suami ngidam saat hamil itu sebenarnya wajar-wajar aja, Bun. Tapi perlu diingatkan juga kalau suami ngidam barang yang nggak terlalu dibutuhkan, mending ditabung ya Bun hi hi hi.

Kalau suami Bunda pernah ngidam juga nggak? Kalau pernah, apa nih yang bikin suami ngidam? Ceritain pengalaman Bunda yuk di kolom komentar. (aci)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi