kehamilan

Pakai Maternity Belt Setelah Melahirkan, Apa Manfaatnya?

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 29 Sep 2017 09:00 WIB
Pakai <i>Maternity Belt</i> Setelah Melahirkan, Apa Manfaatnya?
Jakarta - Demi lebih nyaman saat beraktivitas, beberapa ibu hamil ada yang memilih memakai sabuk ibu hamil atau maternity belt. Sebab, sabuk yang bentuknya mirip korset ini memang bisa memberi dukungan pada postur tubuh yang berubah saat hamil plus bisa mengurangi nyeri yang dirasa. Tapi, ada nggak sih manfaatnya kalau maternity belt ini dipakai setelah melahirkan?

Menurut Dr Carolyn Thompson, dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Nashville, memang maternity belt sudah terbukti bisa memberi dukungan dan mengurangi rasa sakit, selama ibu hamil. Tapi, itu nggak perlu dipakai setelah melahirkan. Apalagi, kalau ibu harus melahirkan lewat operasi caesar.

Kata Carolyn, maternity belt dipakai kalau ada sayatan vertikal pada operasi, di mana sayatan ini sekarang sudah jarang dilakukan. Dalam kondisi sayatan seperti itu, pemakaian maternity belt dipakai untuk menyokong dinding perut selama proses penyembuhan untuk meminimalkan tekanan pada luka.


"Kebanyakan ibu yang sudah melahirkan tidak butuh maternity belt. Saya pun tidak merekomendasikan pasien untuk memakainya. Tapi, kalau memang memakai maternity belt bisa membuat ibu nyaman, tak masalah jika ingin mencobanya," kata Carolyn, dikutip dari She Knows.

Baca juga: Kalau Alami 8 Hal Ini, Bunda Diyakini Sedang Hamil Bayi Kembar

Sementara, Jessica Anderson, asisten profesor di University of Colorado College of Nursing mengatakan nggak merekomendasikan penggunaan maternity belt setelah melahirkan. Alasan Jessica, belum ada cukup bukti yang menunjukkan kalau pemakaian maternity belt punya manfaat untuk ibu yang baru saja melahirkan.

Tapi, senada sama Carolyn, Jessica menekankan kalau ibu bisa merasa nyaman dan terbantu dalam melakukan aktivitas ketika mereka memakai maternity belt, silakan saja para ibu memakainya. Dalam wawancara dengan detikHealth, dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya bilang maternity belt adalah sejenis sabuk yang berfungsi untuk menopang perut bagian bawah serta melindungi janin dari tekanan agar ibu hamil merasa nyaman.

Nah, biasanya, maternity belt ini dipakai saat ibu hamil bepergian. Tapi, kata dr Hari, selama kehamilannya nggak ada masalah, nggak ada riwayat ancaman keguguran, perdarahan atau penyakit lain, nggak harus pakai maternity belt kok. Yang terpenting, pastikan ibu hamil nggak kecapekan dan pakai outfit yang nyaman saat bepergian.

Baca juga: Ini Sebabnya Ibu Hamil Sering Mengalami Sembelit (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi