kehamilan

Kata Donita yang Nggak Percaya Kaitan Ngidam dan Anak Ileran

Nurvita Indarini Minggu, 10 Dec 2017 11:03 WIB
Kata Donita yang Nggak Percaya Kaitan Ngidam dan Anak Ileran
Jakarta - Saat ini aktris cantik Donita sedang hamil anak keduanya, Bun. Kehamilannya sudah memasuki bulan ke-tujuh. Tapi kata Donita, dirinya nggak sekalipun merasakan ngidam yang aneh-aneh.

"Ngidam kayaknya cuma mitos ya," ujar Donita sambil tertawa dalam konferensi pers Kampanye Bunda Peduli Asupan Sehat yang digelar Kalbe Blackmores Nutrition di Hotel Pullman, Jl Thamrin, Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Sesekali Donita memang ingin makan makanan tertentu. Misalnya nih, suatu kali dia ingin makan makanan yang pedas banget. Tapi itu bukan yang kemudian bikin Donita buru-buru minta suami untuk mencarikan kerupuk itu.


"Kalau makan pedas banget nanti bisa diare. Bisa memicu kontraksi. Mendingan nggak deh," ucap Donita.

"Katanya kalau nggak dipenuhi ngidam-nya, anak bisa ileran ya? Tapi anak tumbuh gigi juga ileran. Jadi bukan karena ngidamnya nggak dipenuhi," imbuhnya sambil tertawa.

Donita menambahkan nih, Bun, dia pernah mendengar ada ibu hamil yang ingin banget makan nanas muda. Rasanya pasti asem banget kan ya, Bun. Sudah itu, nggak tahu mau cari nanas muda di mana.

"Kalau ngebahayain, ntar malah nyusahin, saya mendingan nggak sih," lanjutnya.

Menurut Donita, beberapa hal itu sebenarnya bisa dikontrol. Termasuk keinginan makan, bisa dikontrol secara psikis dan semua hal itu tergantung mindset.

"Orang bilang makan quinoa, makan beras merah itu nggak enak. Tapi kita bisa tanamkan di mindset, enak kok," ucapnya.

Terkait ngidam pada ibu hamil, Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto SpOG(K), beberapa waktu lalu pernah memberi penjelasan nih, Bun. Jadi ada teori yang bilang ngidam merupakan perlindungan untuk ibu dan janin.

Ada juga yang bilang ngidam membantu pembentukan jaringan tubuh ibu dan janin. Teori lain bilang ngidam saat hamil berhubungan dengan perubahan Peptida Opioid Endogen (POE), di mana kadar POE dalam tubuh ibu hamil meningkat.

"Hal ini memicu ibu hamil cenderung menginginkan makanan yang bisa memuaskannya," kata dr Damar.

Jadi ngidam saat hamil sah-sah saja, tapi memang jangan terlalu menuruti ngidam kalau makanan yang diinginkan itu-itu saja atau cenderung kurang nutrisinya. Kita harus ingat bahwa saat hamil, di rahim kita bersemayam makhluk kecil yang butuh nutrisi cukup untuk tumbuh dan berkembang. Kalau nutrisinya nggak bagus nanti bisa berabe.
(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi