kehamilan

Berencana Hamil di 2018, Bun? Yuk, Lakukan Persiapan Ini

Nurvita Indarini Jumat, 29 Dec 2017 13:00 WIB
Berencana Hamil di 2018, Bun? Yuk, Lakukan Persiapan Ini
Jakarta - Tahun baru, semangat baru. Apa rencana Bunda di 2018? Apakah hamil menjadi salah satu yang ada dalam daftar rencana?

Jika iya, yuk mulai sekarang melakukan sejumlah persiapan sebagai ikhtiar agar mendapatkan kehamilan yang sehat dan kelak melahirkan anak yang sehat juga. Sebelum hamil, kita perlu pahami pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan anak. Ini adalah masa emas yang penting banget buat anak.

Untuk mempersiapkan 1.000 hari pertama bagi janin, kalau kata dr Raissa Djuanda, M.Gz, SpGK beberapa waktu lalu, perlu banget nutrisi sejak sebelum kehamilan. Jadi sebelum hamil , yuk kita cek dulu kesehatan kita secara umum. Kalau semuanya oke, kita mulai jaga nih pola makan dan pola hidup sehat.


"Setidaknya tiga bulan sebelum hamil sudah mulai dipersiapkan nutrisinya agar pembentukan organ anak juga baik. Makronutrien dan mikronutrien harus dipersiapkan," tutur dr Raissa.



Kalau kita, ibunya, kurang nutrisi maka bisa ada risiko anak yang dilahirkan kelak kurang nutrisi juga atau lahir dengan berat badan rendah. Atau mungkin lahir dengan berat badan yang cukup tapi lama-lama jadi kurang, anak tumbuh kurang cerdas, dan kelak akan melahirkan anak yang kurang cerdas juga.

"Setidaknya untuk persiapan hamil bisa minum asam folat yang penting untuk pertumbuhan janin dan mencegah janin cacat," sambung dr Raissa.

Konsumsi asam folat, imbuhnya, baiknya sebanyak 400 mg sehari dan bisa dimulai sejak 3 bulan sebelum konsepsi. Atau bisa konsultasi ke dokter juga sebelumnya ya, Bun, soal konsumsi asam folat ini.


(Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi