kehamilan

Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil

Amelia Sewaka Kamis, 08 Feb 2018 19:00 WIB
Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil
Jakarta - Namanya ibu hamil ya, Bun, kalau ngidam pasti wajar dong. Ada ibu hamil yang ingin makan makanan yang asem ataupun pedas, boleh aja sih dituruti, yang penting jangan sampai bikin sakit perut ya, Bun.

Kadang ada ibu hamil yang ngidamnya cukup aneh. Misalnya makan martabak yang dibeli di Bandung. Hmm, kalau bumilnya tinggal di Jakarta, pasti agak repot memenuhinya ya.

Nah, ini ada juga lho ibu-ibu yang ngidamnya aneh. Iya, aneh, soalnya sesuatu yang ingin dimakan itu seringkali bukan makanan. Waduh....


Yuk, simak bersama, Bun, beberapa ngidam aneh yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.

1. Sabun Tangan dengan Cheeseburger

Seorang ibu bernama Sarah Jane, menulis status di Facebook-nya yang menyatakan bahwa ia sangat menginginkan cheeseburger dengan tuangan sabun cuci tangan di atasnya.

"Aku sangat ingin menaruh Palmolive (merk sabun tangan) yang berwarna pink di atas cheeseburgerku, sepertinya enak dan aku mulai memikirkan ingin melakukannya," kata Sarah di statusnya.

2. Semen Basah

Cerita seorang ibu tanpa nama, selama kehamilannya yang keempat ini menahan diri untuk tidak berlari ke luar dan menjilat semen, terutama saat sedang hujan. Dia mengatakan bahwa bau semen basah akan membuat dia liar sampai-sampai duduk di sofa di depan jendela, menatap dengan penuh harap ke trotoar di depan rumah.

Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


3. Minum Cairan Pembersih Mebel

Emma Veness, perempuan 26 tahun asal Birmingham mengalami ngidam yang sama sekali tidak wajar yakni ingin minum cairan pembersih mebel atau perabotan. Bukan hanya sekali dua kali, keinginan itu muncul secara rutin sekitar 3 kali dalam sehari.

Bagi Emma, gangguan pica ini bukan pertama kalinya terjadi pada dirinya. Sejak kecil, ia sudah menampakkan tanda-tanda pica karena saat dimandikan oleh ibunya ia mengaku sering curi-curi memakan buih sabun yang masih menempel di tubuhnya sebelum dibilas.

Saat tumbuh dewasa, ia mulai tertarik dengan bau-bau pembersih tangan yang mengandung antibakteri. Meski tidak setiap hari, ia pernah sesekali mencicipi cairan tersebut karena tidak bisa menahan keinginannya untuk mencari tahu seperti apa rasanya.

4. Tanah

Wanita hamil tanpa nama ini sangat 'ngiler' ketika mendengar tanah. Bisa jadi karena wanita tersebut kekurangan zat besi, namun apapun alasannya akan terasa aneh jika kita mendengar bahwa wanita tersebut memakan sesendok penuh tanah.

Wanita tersebut terus menerus mengatakan hasratnya tidak tertahankan untuk ingin makan tanah. Nggak cuma ibu itu saja, Bun, artis sekelas Britney Spears juga mengalami hasrat untuk makan tanah juga lho ketika dia hamil.

5. Spons dan Pasir

Kelly Marie Pearce, wanita berusia 28 tahun asal Wolverhampton yang memiliki keinginan untuk makan makanan yang sangat aneh ketika ia hamil kedua anaknya. Selama 20 hari ibu hamil ini memiliki kebiasaan aneh dengan mengunyah ribuan spons cuci piring yang di atasnya diberikan tumpukan pasir saat ia sedang hamil kedua anaknya.

Kelly dengan santai menyantap camilan aneh ini dengan mencampurkan spons dan pasir seperti layaknya sandwich. Untungnya kedua anaknya lahir dengan kondisi sehat.

"Pada saat itu rasanya sangat enak. Rasanya sangat membuat saya puas. Itu persis apa yang saya butuhkan. Setiap hari saya makan bermangkuk-mangkuk pasir. Saya tidak makan makanan lainnya kecuali pasir dan spons," kata Kelly.

"Rasanya seperti Anda benar-benar suka cokelat dan akhirnya Anda mendapatkan sepotong cokelat dan itu sangat memuaskan," tambahnya.

6. Abu Rokok

Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


Jika di Googling, ternyata akan ada banyak wanita hamil yang berkeinginan untuk mengemil abu rokok, sekalipun wanita tersebut bukan perokok lho.

Bisa dibayangin kan otak kita tidak menginginkannya namun tubuh sangat berhasrat ingin memakan abu rokok tersebut. Menurut American Pregnancy Association, abu rokok adalah salah satu hasrat pica yang paling umum.

7. Hewan Mati

Alison Brierley (42 tahun) adalah wanita yang memperhatikan makanan sehat. Tapi semenjak hamil, entah apa yang membuatnya ingin makan makanan yang aneh yaitu hewan-hewan yang mati di jalanan, terutama di sepanjang jalan lokal di Harrogate, North Yorkshire.

"Biasanya saya makan benar-benar makanan sehat tapi sekarang semenjak hamil saya ngidam kuat makan hewan roadkill (mati di jalan). Daging ini lebih berbau dari daging lainnya dan saya menyukai rasanya. Saya juga tidak perlu merasa bersalah saat memakannya karena saya tahu ini benar-benar gratis dan tidak merusak alam," jelas Alison Brierley.

Brierley sudah memakan kelinci, rusa, merpati dan burung hantu. Burung adalah menu yang paling sering ada dipiringnya.

8. Detergen

Seorang ibu yang juga blogger punya keinginan aneh yaitu menikmati sesendok penuh bubuk detergen.

"Saat hamil, saya tidak mampu menahan untuk mengunyah bubuk detergen ketika melewati ruang cuci, atau meminum cairan pewangi, juga segala macam produk pembersih," kata ibu yang namanya dirahasiakan.

9. Tisu Toilet
Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


Saat sedang mengandung anak pertamanya, ibu bernama Jade mengaku mengidam makan tisu toilet.

"Saat usia kehamilan memasuki dua bulan tidak tahu kenapa saya mulai mengidam makan tisu. Saya menyukai tekstur tisu di dalam mulut. Saya suka sensasi keringnya. Keluarga memberitahu bahwa ini tidak baik untuk saya, tapi saya tidak kuat menahannya," ujar Sylvester

Jade mengaku lebih menyukai memakan merek tisu yang lebih murah daripada merek tisu yang mahal. Dalam sehari ia mampu mengunyah satu gulung tisu tersebut. Wah!

10. Batu

Wanita yang hanya diketahui bernama Silvia ini mengaku tiap kali melihat batu kecil maupun besar, mulutnya selalu berair, seolah-olah melihat makanan yang ia idam-idamkan. Hal ini terjadi saat ia tengah mengandung anak ketiganya.

"Biasanya saya mencari batu kerikil di sekitar rumah atau taman. Yang seperti ini kecil dan mudah dipecahkan," paparnya.

Kalau menurut dr Brian Wansink, penulis dari Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think, alasan kenapa ibu hamil suka mengidam makanan aneh dari mulai ikan asin hingga arang karena ada kekurangan dalam sistem wanita hamil tersebut yang dia butuhkan.

"Ngidam kentang goreng? Mungkin itu seruan tubuh si ibu bahwa ia butuh potassium atau vitamin A. Tapi kenapa kita butuh? Orang cenderung menginginkan sesuatu dalam jumlah yang tinggi dengan sesuatu yang mereka toleransi bisa makan," ungkap dr Brian.

Dengan kata lain, tubuh kita mengirimkan sinyal tentang apa yang kita butuhkan dan otak atau hasrat kita akan berputar ke sesuatu yang secara alami ke sesuatu yang menurut kita enak dan kadang hal itu bisa jadi aneh.

"Ngidam tidak ada dalam istilah kedokteran. Keadaan itu ada di kepala Anda dan merupakan hasil dari perubahan hormon saat hamil. Bahkan beberapa ahli mengatakan ngidam adalah bentuk penghindaran dan perlindungan dari makanan," kata Siobhan Dolan, MD, direktur medis March of Dimes Birth Defects Foundation.

Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/Aneka Ngidam 'Aneh' yang Pernah Dirasakan Ibu Hamil/ Foto: Getty Images


Ngidam sebagai bentuk penghindaran dan pelindungan terhadap makanan, dikatakan Dolan terjadi karena ketika hamil keluarga atau si ibu hamil cenderung takut jika mengonsumsi makanan tertentu akan berakibat pada perkembangan janinnya.

"Akhirnya dibuatlah sebuah konsep di pemikiran yang berpengaruh pada keyakinan ibu untuk mengalihkan ketakutan itu dengan mengonsumsi makanan lain yang dianggap lebih aman," tambah Dolan

Kalau Bunda, pernah ngidam apa aja selama hamil? Bisa diceritain nih di kolom komentar. (aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi