kehamilan

Melahirkan Caesar Itu Nggak Selalu Seenak yang Kita Bayangkan

Nurvita Indarini Senin, 26 Mar 2018 17:04 WIB
Melahirkan Caesar Itu Nggak Selalu Seenak yang Kita Bayangkan
Jakarta - Melahirkan adalah momen yang paling dinanti, karena itulah saat-saat rindu pada si kecil yang selama ini bersemayam di rahim akhirnya 'terobati'. Nah, cara si kecil untuk lahir ke dunia ini pun berupa-rupa. Karena itu nggak seharusnya kita saling menghakimi satu sama lain dan merasa cara melahirkan yang kita jalani adalah yang paling baik.

Anggapan beberapa orang, melahirkan secara caesar itu enak dan nggak akan merasakan sakit sedikit pun. Sehingga ada yang beranggapan melahirkan secara caesar itu berarti bukan ibu sejati. Hiks, sedih banget kalau dengar ada yang bilang seperti itu.

Ternyata melahirkan caesar itu nggak seenak yang kita pikirkan lho. Zaskia Adya Mecca, public figur yang belum lama ini melahirkan menceritakan pengalamannya melahirkan secara caesar nih, Bun.


Kata dia, di hari kedua setelah menjalani operasi caesar, dirinya sudah bisa berdiri. Tapi itu juga dengan menahan sakit. Apalagi kata Bunda Zaskia, dirinya sedang batuk. Jadi nih ya, kalau lagi batuk, pasti terasa sakit di bekas operasinya.



Meski begitu, Zaskia Mecca memilih untuk nggak menyerah pada sakitnya. Soalnya kata dokter, dia harus tetap banyak bergerak agar pemulihannya bisa cepat.

Zakia sendiri pernah merasakan melahirkan secara vaginal birth atau yang sering disebut persalinan normal dan juga secara caesar sebelumnya. Tapi menurut Zaskia, caesar kali ini lebih terasa sakit ketimbang caesar yang dijalani di persalinan sebelumnya.

"Mungkin karena bekas luka yang pertama baru dua tahun terus dibuka buat caesar lagi," ujar Zaskia Mecca di akun Instagram-nya.

[Gambas:Instagram]



Zaskia juga mengingatkan pengalaman operasi caesar tiap orang beda-beda. Ada yang lebih sakit di persalinan caesar yang pertama dibanding yang kedua, tapi ada juga yang sebaliknya. Zaskia juga menduga kondisinya yang kurang fit saat ini pun turut berpengaruh.

"Udah gitu yang jengukin pada nggak percaya aku kesakitan gara-gara mukanya seger pakai alis dan lipmatte," imbuh Zaskia sembari menyematkan emotikon ketawa ngakak.

Meski begitu, untungnya ASI langsung lancar. Si kecil yang diberi nama Bhre Kata pun sudah pintar lho menyusunya.

Zaskia sebelum melahirkan sempat curhat tentang kegalauan rencana proses persalinannya, Bun. Di Instagramnya, ia menulis sebenarnya lebih menikmati lahiran dengan normal. Pengalamannya saat melahirkan Bhai Kaba dengan jalan caesar membuatnya trauma.

"Trauma banget pas caesar kemarin abis bius hilang, mendadak badan menggigil luar biasa padahal udah dikasih selimut uap panas dan segala rupa. Tapi badan tetap gemetaran. Belum lagi beberapa jam nggak boleh angkat kepala sama sekali terus 24 jam nggak boleh bangun dari kasur. Padahal kalau lahiran normal paling tiga jam udah bisa lincah lagi," tutur Zaskia.

Beberapa hari setelah kontrol dokter, Zaskia bilang leher rahimnya ternyata belum bisa mendukungnya untuk menjalani persalinan normal. Kalau pun mau tetap normal akan ada faktor risiko pendarahan hebat di bunya dan membahayakan nyawa bayinya.



Soal nyeri setelah persalinan caesar, kata dr Philip Agustinus dari Mayapada Hospital Tangerang, sebenarnya wajar saja kok, Bun. Soalnya luka dan jaringan kulit yang disayat perlu pemulihan. Tapi setelah masa nifas yang berlangsung sekitar 40 hari, biasanya akan makin lebih baik kondisinya.

Katanya kalau habis operasi caesar nggak boleh menggendong anak yang sudah agak besar ya? dr Febriansyah Darus SpOG(K) dari RSPAD Gatot Subroto bilang proses penyembuhan luka untuk bagian luar tubuh memang cepat, Bun. Alhasil, bekas luka operasi caesar memang biasanya cepat kering.

Tapi, yang perlu dicatat adalah proses mengembalikan organ tubuh bagian dalam sesuai fungsi normalnya. Kata dr Darus, proses itu butuh waktu yang lumayan lama antara 1 hingga 2 tahun.

Oh iya, foto-foto Bhre Kata, bisa dilihat di sini ya, Bun: Bayi Ini Lebih Mirip Zaskia Mecca atau Hanung Bramantyo Ya? (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi