sign up SIGN UP search


kehamilan

Jangan Diabaikan, Ini Tanda-tanda Infeksi Setelah Operasi Caesar

Kinan Rabu, 13 May 2020 13:51 WIB
In the Hospital Midwife Gives Newborn Baby to a Mother to Hold, Supportive Father Lovingly Hugging Baby and Wife. Happy Family in the Modern Delivery Ward. caption
Jakarta - Jika dilakukan secara tepat, pada umumnya operasi caesar memang aman, Bun. Tetapi tetap ada risiko infeksi yang mungkin terjadi.

"Infeksi setelah operasi caesar bisa terjadi di rahim, perut atau di luka bekas sayatan. Seringkali diperlukan perawatan dengan antibiotik dari dokter," tutur asisten profesor di Northwestern University's Feinberg School of Medicine, Whitney B. You, MD, MPH.


Dikutip dari Parents, infeksi setelah operasi caesar bisa terjadi saat ada bakteri memasukinya. Jika bakteri ini menyebar, infeksi rahim atau perut mungkin terjadi. Gejala biasanya muncul dalam beberapa hari setelah operasi.


Tanda-tanda bekas operasi caesar yang terinfeksi meliputi kemerahan, bengkak dan ada cairan yang merembes keluar dari luka.

Sementara itu, tanda-tanda umum infeksi internal atau rahim setelah operasi caesar meliputi demam, nyeri pada perut dan ada keputihan berbau tidak sedap.

Menurut dokter kandungan McGovern Medical School di UTHealth/UT Physicians, Pamela Promecene, MD, risiko infeksi bergantung pada alasan dilakukannya operasi caesar.

"Operasi caesar yang direncanakan memiliki risiko yang sedikit lebih rendah daripada operasi caesar darurat, karena dokter dan pasien sama-sama memiliki lebih banyak waktu untuk persiapan," ungkap Promecene.

Ilustrasi melahirkanIlustrasi melahirkan. (Foto: iStock)


Faktor kesehatan ibu pun turut meningkatkan risiko infeksi setelah operasi caesar. Termasuk di antaranya obesitas, diabetes yang tidak terkontrol, dan riwayat operasi caesar sebelumnya.

Oleh sebab itu, setelah pulang dari rumah sakit jangan lupa untuk patuh mengikuti instruksi perawatan luka guna mencegah infeksi, terutama pada luka bekas operasi.

Misalnya dengan rutin membersihkan bekas luka dan mengganti perban secara teratur. Hindari juga menempatkan berat bayi langsung pada luka ya, Bun. Jika memang diresepkan antibiotik oleh dokter, minumlah sesuai jadwal secara teratur guna mencegah infeksi.


Simak juga pengalaman melahirkan caesar Tasya Kamila dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]





(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi