kehamilan

Induksi Alami untuk Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Nurvita Indarini Selasa, 10 Apr 2018 17:00 WIB
Induksi Alami untuk Ibu Hamil Menjelang Persalinan
Jakarta - Hai bunda yang sedang hamil, saat kehamilan semakin besar rasanya nggak sabar ya ingin segera bertemu si kecil yang selama ini kita bawa ke sana ke mari di dalam rahim. Nah, menjelang persalinan, Bunda perlu tahu nih tentang induksi alami.

Lanny Kuswandi, pengembang hypnobirthing di Indonesia dari Pro V Clinic Holistic Health Care, dalam live Instagram bersama HaiBunda menjelaskan ada beberapa hal yang diyakini bisa menjadi induksi alami menjelang melahirkan. Misalnya nih dengan minum jus nanas. Selain itu juga bisa dengan berhubungan seksual dengan suami.

"Bisa dilakukan di usia kehamilan 36 minggu. Saat ini banyak yang bilang hubungan seksual nggak enak karena perut sudah semakin membesar," tutur Lanny.


Induksi Alami untuk Ibu Hamil Menjelang Persalinan/Induksi Alami untuk Ibu Hamil Menjelang Persalinan/ Foto: Thinkstock


Sementara suami juga karena merasakan janin yang bergerak-gerak, jadi nggak tega untuk melakukan hubungan seksual dengan istrinya. Padahal, sambung Lanny, ini bisa jadi momen yang bikin ibu hamil nyaman dan rileks karena memicu hormon endorfin.

"Sperma lepaskan saja di dalam karena mengandung prostaglandin yang bisa membantu melunakkan mulut rahim," tambah Lanny. Sperma juga diyakini bisa membantu menimbulkan kontraksi jelang melahirkan.



Ada yang bilang rebusan rumput fatima juga bisa menjadi induksi alami? Soal ini Lanny juga sering mendengar, tapi dia nggak menyarankan. Sebab kita nggak tahu dosis tepatnya, sehingga bisa menyebabkan kontraksi yang nggak terkendali. Soalnya ya, Bun, nggak ada gunanya kalau kontraksi datang tapi tidak diikuti pembukaan mulut rahim. Kasihan ibu dan calon bayinya.

Bagi yang pernah melahirkan pasti tahu benar rasanya kontraksi. Nyeri sih memang. Tapi jangan takut dan menjadikan hal ini trauma. Kita adalah apa yang kita pikirkan, Bun. Jadi kalau kita pikir kita akan merasakan sakit, kemungkinan besar memang itulah yang akan dirasakan. Sebaliknya jika kita menyikapinya lebih positif, tentu akan bisa menghadapi gelombang cinta alias kontraksi dengan lebih baik.

Misalnya saja nih, Bun, kita bisa lho melakukan endorphin massage saat kontraksi persalinan datang. "Ini seperti saat suami memberikan foreplay. Jadi sentuh seluruh badan, quantum touch. Sentuh dan usap bagian kanan tubuh, bagian kiri, perut, dada, puting payudara, bisa juga sampai klitoris," tutur Lanny.

Induksi Alami untuk Ibu Hamil Menjelang Persalinan/Induksi Alami untuk Ibu Hamil Menjelang Persalinan/ Foto: Thinkstock


Seperti saat foreplay dilakukan, sentuhan semacam ini bisa merangsang tubuh menghasilkan endorfin alami, sehingga bisa membantu kita untuk lebih tahan terhadap sakit dan nyeri.

Dikutip dari detikHealth, dr Ivan Sini, MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG juga pernah bilang bahwa melakukan stimulasi puting dapat mengeluarkan banyak hormon oksitosin. Hormon ini dapat merangsang otak sehingga rahim akan terkontraksi.

Cara stimulasi puting adalah dengan melakukan pijatan pada seluruh bagian gelap di sekeliling puting atau aerola, jadi tidak hanya memutar putingnya. Posisikan telapak tangan di bagian atas aerola kemudian lakukan gerakan yang melingkar bersamaan dengan memberi tekanan yang cukup lembut.



Seperti dilansir dari Birth, setelah puting terasa terangsang, lanjutkan selama sekitar 1 menit kemudian diamkan selama sekitar 2 - 4 menit. Setelah itu, lakukan prosedur yang sama pada puting di sisi lainnya.

Meskipun diyakini bisa menjadi induksi alami, tapi nggak disarankan untuk menstimulasi puting terus-menerus nih, Bun. Jika dalam 20 menit tidak terjadi kontraksi sebaiknya dihentikan dan dilanjutkan kembali esok harinya.

Oh ya, Bun, bagi yang penasaran dengan endorphin massage bisa disimak dalam video berikut ini ya.

[Gambas:Video 20detik]

(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi