kehamilan

Hal-hal Konyol yang Bikin Ibu Hamil Menangis

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 05 Jun 2018 07:08 WIB
Hal-hal Konyol yang Bikin Ibu Hamil Menangis
Jakarta -
Saat hamil, perubahan emosi juga bisa dialami oleh perempuan. Salah satunya perasaan bumil jadi lebih sensitif. Alhasil, ketika ada hal-hal sepele atau konyol pun ibu hamil bisa menangis. Bunda pernah mengalaminya juga?

Salah satu ibu hamil Erin Molan berbagi pengalamannya nih, Bun. Erin bilang, ketika pulang dari sebuah perjalanan dan melihat ranting pohon mati, dia menangis. Ada kesedihan yang dia rasa di situ, demikian disampaikan Erin kepada BW Magazine. Sementara itu, ibu dua anak bernama Naomi Dorland bilang selalu menangis ketika mendengar berita yang baik.

"Saya ingat melihat kuda terjebak di bendungan dan harus diderek. Saat kuda itu diselamatkan, saya menangis. Kemudian, saya tahu ada bebek yang terjebak di saluran pembuangan. Ketika induk bebek diselamatkan dan bertemu dengan anak-anaknya, saya menangis lho," kata Naomi.


Anehnya, Naomi bisa me-manage emosinya ketika mendengar kabar yang nggak mengenakkan, Bun. Apa lagi hal unik yang bikin ibu hamil menangis? Olahraga. Ya, ini dialami seorang ibu sebut aja namanya Eva. Selama ini Eva mengaku nggak terlalu suka olahraga. Tapi saat hamil, ketika melihat pertandingan dan salah satu tim menang, dia lantas menangis haru. Hi-hi-hi, ada-ada aja ya Bunda Eva.



Perasaan yang lebih sensitif selama hamil sehingga jadi lebih mudah menangis lumrah dialami seorang ibu. Ini bukan karena kita lebay atau berlebihan tapi ada juga faktor hormonal, demikian disampaikan psikolog klinis Kristin Bouse yang juga penulis 'The Conscious Mother'.

"Dengan janin yang tumbuh di perut kita, itu bisa jadi pengalaman yang berbeda. Intensitas cinta dan hubungan yang kita rasakan dengan si kecil berpengaruh juga pada perasaan kita, selain pengaruh hormon," tutur Kristin.

Dia menambahkan biasanya ibu hamil ngeh kok mana cengeng yang normal dan nggak. Artinya, ibu hamil bisa tahu saat perasaan mudah haru yang dia alami karena pengaruh kehamilan. Kemudian, ibu hamil juga tahu kalau sedih dan tangisnya karena terlampau stres, kesal, atau memang sedih karena ada peristiwa yang nggak mengenakkan.

Jika seperti itu, Kristin menekankan cari bantuan ya, Bun. Jangan pula yakin ketika kita merasa happy dan nggak gampang cengeng pasti kita nggak depresi. Kata Kristin itu keliru karena depresi bisa terjadi tanpa seseorang itu menangis dan mellow.

Kalau Bunda, hal konyol atau unik apa yang bikin menangis dan terharu ketika hamil? Yuk bagikan ceritanya di kolom komentar, Bun.


(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi