sign up SIGN UP search


kehamilan

11 Daftar Barang yang Harus Dibawa untuk Persiapan Melahirkan

Yuni Ayu Amida Jumat, 24 Jul 2020 11:35 WIB
A portrait of pregnant young woman indoors at home, feeling tired. caption
Jakarta -

Bunda akan melahirkan dalam waktu dekat? Nah kira-kira persiapan atau daftar barang apa saja sih yang harus dibawa ke rumah sakit jelang melahirkan?

Alice Domar, Ph.D., direktur eksekutif Pusat Kesehatan Pikiran mengatakan bahwa menjelang hari melahirkan ibu hamil kemungkinan akan merasakan sulit tidur. Biasanya hal ini disebabkan karena ketidaknyamanan fisik dan perasaan cemas.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kecemasan adalah relaksasi kecil, seperti melakukan pernapasan dalam dan diafragma dikombinasikan dengan visualisasi sesuatu yang membawa kebahagiaan untuk Bunda.


"Di mana pun Anda berada, apa pun situasinya, Anda dapat melakukan relaksasi kecil ini dan itu akan menenangkan Anda," kata Domar, dilansir Foxnews.

Lepas dari hal tersebut, berikut ini beberapa daftar barang yang harus Bunda bawa untuk persiapan melahirkan di rumah sakit, dikutip dari Parents.

1. Dokumen penting

Bawa salinan rencana kelahiran Bunda (jika ada), informasi asuransi kesehatan, dan formulir pendaftaran rumah sakit. Bahkan jika Bunda sudah mendaftar di rumah sakit, beberapa rumah sakit perlu mengkonfirmasi formulir Bunda sebelum mereka menerima Bunda.

2. Uang tunai

Bawa uang dalam bentuk tunai secukupnya. Ini berguna untuk membeli makanan ringan, cinderamata, ataupun keinginan, Bunda. Terutama jika Bunda kurang berselera dengan makanan rumah sakit.

3. Smartphone dan charger

Bunda tentunya tidak pernah terpisah dari smartphone, Bunda? Selain membutuhkan ponsel untuk alasan yang jelas seperti menelepon, mengirim SMS, dan memperbarui akun sosial dengan berita menarik, Bunda juga bisa mengunduh aplikasi yang bermanfaat, seperti penghitung waktu kontraksi. Tetapi pastikan Bunda juga membawa chargernya ya.

4. Musik, film, dan majalah

Muat ponsel cerdas atau tablet dengan lagu dan apa pun yang ingin Bunda tonton di Netflix. Ini akan membantu menghilangkan rasa bosan atau jenuh selama menunggu persalinan yang panjang.

5. Alat relaksasi

Beberapa alat relaksasi juga direkomendasikan sebagai barang bawaan untuk ke rumah sakit jelang melahirkan, Bunda. Barang seperti alat pijat punggung, minyak pijat, lotion, bola squeeze penghilang stres atau benda lainnya yang bisa membantu Bunda merasa rileks.

6. Bantal lembut

Bantal di rumah sakit mungkin tidak nyaman. Jadi, membawa bantal dari rumah yang membuat nyaman dapat membantu Bunda untuk rileks. Jangan lupa satu untuk pasangan juga, jika dia berencana untuk menghabiskan malam di rumah sakit.

ilustrasi ibu hamil tidurilustrasi ibu hamil tidur/ Foto: iStock

7. Makanan Ringan atau permen

Buat semua orang senang dengan membawa makanan ringan yang cukup untuk Bunda dan pasangan berbagi. Bisa juga untuk tamu yang nantinya datang berkunjung.

Selain itu, berikut ini barang bawaan pribadi yang bisa Bunda bawa. Ini optional ya, Bunda.

1. Perlengkapan mandi

Deodoran, sabun mandi, sampo, tisu pembersih wajah, pasta gigi, dan sikat gigi adalah kebutuhan. Jangan lupakan lip balm dan pelembab.

2. Pakaian ganti

Pakaian tidur dan pakaian dalam tentu sangat dibutuhkan untuk dibawa ke rumah sakit. Untuk baju tidur, sebaiknya pilih dari bahan katun yang jauh lebih nyaman dari baju tidur rumah sakit. Beberapa pasang celana dalam juga masuk dalam daftar yang harus dibawa. Tapi ini juga tergantung apakah Bunda tidak ingin memakai celana dalam di rumah sakit setelah melahirkan.

3. Sandal jepit dan kaus kaki

Bawa sandal jepit untuk mandi atau dipakai di rumah jika kaki Bunda bengkak. Jaga jari kaki tetap kering dan bersih, baik saat Bunda di tempat tidur atau berjalan-jalan di lantai ubin yang dingin. Jadi bawalah beberapa pasang kaus kaki ya.

4. Nursing bra

Bawa tank top atau bra menyusui yang cukup nyaman untuk tidur.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi