kehamilan

Di RS Ini, Anak-anak Dilarang Ikut Saat Ibunya Di-USG

Melly Febrida Senin, 13 Aug 2018 16:51 WIB
Di RS Ini, Anak-anak Dilarang Ikut Saat Ibunya Di-USG
Middlesbrough - Saat kontrol kehamilan, sering kali ibu-ibu membawa anaknya. Alasannya sih karena si kecil nggak ada yang menemani. Tapi di rumah sakit ini mulai 1 September 2018, ibu hamil dilarang membawa anak saat periksa kehamilan dengan Ultrasonografi (USG). Apa ya alasannya?

Aturan ini dikeluarkan James Cook University Hospital karena anak-anak bisa mengalihkan perhatian staf medis, saat ibunya sedang di-USG. Di Inggris, standar NHS untuk pemeriksaan USG wanita hamil adalah dua kali. Pertama saat usia kandungan 8-14 minggu dan kedua saat kandungan berusia 18-21 minggu. Tetapi pada beberapa kasus, wanita hamil membutuhkan USG di kesempatan lain sebelum melahirkan.

Lynne Young, kepala bidang kebidanan dan ginekologi mengatakan keputusan ini muncul setelah mempertimbangkan banyak hal. Alhasil, dibuat peraturan tim ultrasound akan membatasi jumlah orang yang diizinkan masuk ke ruangan saat ibu hamil menjalani USG.


"Mulai 1 September 2018 ini yang boleh masuk ke ruang USG yakni dua orang dewasa. Anak-anak tidak lagi diizinkan di ruang USG agar sonografer berkonsentrasi sepenuhnya pada pemeriksaan medis yang penting ini," kata Lynn kepada Teeside Gazette.



Lynn bilang beberapa wanita perlu menjalani USG di titik lain selama hamil. Misalnya saat pemeriksaan USG pertama panjang janin diperkirakan hanya 15 cm dan sonografer harus mencari secara dekat untuk setiap kelainan struktural yang akan menentukan perawatan kehamilan selanjutnya.

"Hasil USG turut menentukan bagaimana kondisi janin di kandungan dan apa yang perlu dilakukan selanjutnya. Maka dari itu sebaiknya sonografer menghadapi gangguan seminimal mungkin. Karena ketika ada anak-anak terlebih mereka rewel bukan nggak mungkin konsentrasi sonografer terganggu. Terlebih jika pasien dan tim medis diskusi sebuah masalah bisa jadi tantangan tersendiri ketika ada anak-anak," tutur Lynn.

Pada dasarnya USG adalah alat untuk melihat bagian dalam tubuh tanpa merugikan tubuh atau membuat tubuh tidak nyaman. Nah, pemeriksaan ini mempunyai keunggulan utama yaitu menggunakan gelombang suara ultrasound dimana frekuensi gelombang diatas 20.000 Hz yang tidak dapat didengar telinga manusia, demikian dikatakan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

"Sehingga efek buruk yang ditimbulkan pada jaringan tubuh yang dilewati hampir tidak ada. Dibandingkan foto X-ray yang menggunakan bahan radiasi yang lebih berbahaya apabila dalam paparan terus menerus," tutur dr Hari dalam perbincangan dengan detikHealth.

Diakui dr Hari, USG lebih dikenal sebagai alat paling yang sering digunakan oleh dokter kandungan untuk memeriksa bayi, meskipun sebetulnya alat ini pemakaiannya sangat luas karena hampir seluruh disiplin ilmu kedokteran memakai alat ini.

"Contohnya saja bidang jantung, penyakit dalam, kandungan, bedah urologi, dan bedah digestive. Karena alat USG ini, perkembangan ilmu diagnostik ilmu kedokteran berkembang sangat pesat," lanjut dr Hari.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi