sign up SIGN UP search


kehamilan

Viral Ibu Hamil Tak Pernah USG & Minum Vitamin, Kondisi Bayinya Memilukan

Annisa Karnesyia Minggu, 03 Jan 2021 18:39 WIB
Baby leg fingers. Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile. caption
Jakarta -

Kehamilan adalah perjuangan yang tak mudah bagi seorang wanita. Itulah sebabnya, calon ibu dituntut untuk selalu menjaga kesehatan demi dirinya dan janin, Bunda.

Sayangnya, tak sedikit ibu hamil menghiraukan kesehatan dirinya. Salah satunya, seorang ibu yang kisahnya viral di media sosial baru-baru ini.

Dalam video TikTok @channamix.id, dikisahkan seorang ibu yang melahirkan untuk pertama kalinya. Di video singkat itu, tampak seorang wanita berjilbab tengah berjuang melahirkan dengan proses normal.


Wanita ini menuliskan bahwa dirinya tak pernah mengikuti anjuran dokter atau bidan, Bunda. Ia tak pernah minum vitamin, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan cek ultrasonografi (USG) selama hamil.

"Ini adalah perjuangan pertamaku melahirkan, menunggu buah hati yg didambakan lahir ke dunia," tulis akun tersebut.

"Tdk prnh minum vitamin dan tdk prnh mengonsumsi mknn yg bergizi, tidak pernah USG," sambungnya.

Akibat tidak melakukan pemeriksaan kesehatan dan menjaga pola makan, wanita ini melahirkan bayi dengan kelainan di tangan. Jari anaknya tidak tumbuh sempurna, mulai pergelangan hingga telapak tangannya terlihat melengkung.

"Ternyata pas lahir anakku kelainan, jarinya tidak tumbuh sempurna," katanya dalam video.

Viral Ibu HamilViral Ibu Hamil/ Foto: Tangkapan Layar TikTok@channamix.id 

Di akhir unggahannya, wanita ini pun menyesali perbuatannya karena menyepelekan kesehatan selama hamil. Ia juga menyesal karena menghiraukan anjuran bidan dan dokter.

"Menyesal dan sangat menjadi pelajaran untuk ibu, jangan menghiraukan anjuran bidan dan dokter," ujarnya.

Unggahan akun @channamix.id banyak menuai komentar dari netizen. Banyak netizen menyayangkan perbuatan wanita ini dan menganggapnya egois.

"Jadi calon ibu jgn egois klo mau hamil y hrs siap vitamin, asam folat, dan makanan yg bergizi, gk hrs mhl kok unk mkanan bergizi pisang, tahu tempe, sayur sop," tulis akun @celline***.

"Betul banget, minumlah vitamin apalagi asam folat, sering usg. kaka iparku jg ga bisa saya bilangan sampai akhirnya anaknya," ujar Zulia***.

Selama kehamilan, ibu memang harus menjaga kesehatan untuk menghindari cacat lahir salah satunya. Manfaat lain dari pemeriksaan bayi, BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya.

Simak juga penyebab preeklampsia pada ibu hamil, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi