sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Jenis Pemeriksaan Tambahan Selama Kehamilan, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Kamis, 24 Dec 2020 11:06 WIB
A pregnant woman and her female doctor are indoors in a hospital. The doctor is performing an ultrasound. caption
Jakarta -

Selama hamil, Bunda perlu memeriksakan kandungan ke dokter ya. Jika memungkinkan, pemeriksaan tambahan lain bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi janin.

Menurut dosen keperawatan Debra Sullivan, Ph.D., selama pemeriksaan, dokter akan melakukan pengecekan fisik yang singkat. Sementara itu, seorang perawat atau asisten akan memeriksa berat badan dan mengukur tekanan darah ibu hamil.

"Dokter mungkin merekomendasikan tes tambahan setelah mendapatkan riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik," kata Sullivan, dilansir Healthline.


Selain itu, dokter biasanya akan menanyakan riwayat kesehatan keluarga ibu hamil, serta obat atau suplemen yang digunakan. Pada pemeriksaan lain, dokter akan menanyakan gejala yang Bunda rasakan selama hamil, misalnya pendarahan, nyeri perut, demam, atau mual dan muntah.

Pemeriksaan kehamilan merupakan agenda penting yang harus dilakukan ibu. Terutama melakukan kontrol ke dokter dan pemeriksaan rutin, seperti pengukuran berat badan, tekanan darah, denyut jantung janin, organ tubuh janin, dan pemeriksaan dalam.

Tak cuma pemeriksaan rutin, ibu hamil mungkin perlu menjalani pemeriksaan tambahan atau tidak rutin sesuai rekomendasi dokter. Pemeriksaan tambahan ini berbeda dari pengecekan rutin ya, Bunda.

Jenis pemeriksaan tambahan umumnya dilakukan pada usia kehamilan tertentu untuk mengetahui kondisi janin. Apa saja jenis pemeriksaannya?

Mengutip Buku Pintar Ibu Hamil oleh Tim Navitri, berikut 3 jenis pemeriksaan tambahan untuk ibu hamil:

1. Ultrasonografi (USG)

Bunda bisa melakukan USG di bulan ke-1, 5, dan 9 kehamilan. Pemeriksaan USG bulan ke-1 bertujuan untuk memastikan kehamilan, termasuk melihat ada atau tidaknya embrio.

USG bulan ke-5 dilakukan untuk melihat perkembangan organ fisik dan jenis kelamin janin. Sedangkan bulan ke-9 atau menjelang kelahiran, USG dilakukan untuk mendeteksi cairan ketuban dan proses kelahiran (normal atau operasi caesar).

BACA HALAMAN SELANJUTNYA untuk tahu 2 jenis pemeriksaan lainnya ya.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan warna kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Susy Susanti
(ank/rap)
3 Jenis Pemeriksaan Tambahan Selama Kehamilan, Bunda Perlu Tahu
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi