kehamilan

Cara Mengatasi Stretch Mark Saat Hamil

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 25 Sep 2018 15:53 WIB
Cara Mengatasi Stretch Mark Saat Hamil
Jakarta - Stretch mark yang muncul saat hamil bisa bikin sedih ya, Bun. Eits, tapi tenang. Ada kok yang bisa Bunda lakukan sebagai cara mangatasi stretch mark saat hamil.

Menurut dr Jolinda Johary M.Med dari go-dok, bagi ibu hamil yang memiliki stretch mark coba perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan vitamin C misalnya buah dan sayur. Pastinya, buah dan sayur ini sudah direkomendasikan dokter ya, Bun.

"Lalu minumlah air yang cukup agar kelembapan kulit meningkat. Lakukan pijatan lembut pada daerah kulit yang memiliki banyak timbunan lemak," ujar dr Jolinda dalam Live Comment HaiBunda 'Perubahan Tubuh Saat Hamil'.




Kata dr Jolinda pelembap yang dipakai sebagai cara mengatasi stretch mark saat hamil usahakan yang mengandung kadar minyak tinggi. Bunda bisa pakai pelembap ini terutama pada trimester 2 dan 3. Usapkan pelembap secara perlahan untuk mengurangi gesekan pada kulit yang sedang meregang.

Ilustrasi stretch mark saat hamilIlustrasi stretch mark saat hamil/ Foto:thinkstock
Cara mengatasi stretch mark saat hamil lainnya yang bisa Bunda coba yaitu mengoleskan minyak zaitun, membuat masker dari gel lidah buaya, putih telur, atau jus lemon. Dikutip dari detikcom, dr Euis Mutmainnah, SpKK, dari RSUP Persahabatan mengatakanpada dasarnya stretch mark muncul karena kulit tak mampu mengikuti penambahan bobot tubuh yang terlalu cepat.

Ketika tubuh makin besar, kulit akan merenggang kuat hingga kehilangan elastisitasnya. Stretch mark seperti ini kata dr Euis biasanya terjadi pada ibu hamil yang perutnya tiba-tiba besar atau bisa juga pada remaja yang gemuk.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi munculnya stretch mark. Pertama, menjaga kenaikan berat badan agar tidak terlalu drastis. Usahakan setiap pertambahan sebulan usia kehamilan berat ibu hanya naik sekitar satu kg. Selain itu ibu bisa juga menggunakan krim pelembab untuk menjaga elastisitas kulit sebaik mungkin," tutur dr Euis.

Nah, kalau Bunda punya tips apa sebagai cara mengatasi stretch mark saat hamil?

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi