kehamilan

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Stretch Mark Saat Hamil

Asri Ediyati Senin, 31 Dec 2018 08:10 WIB
6 Bahan Alami untuk Mengurangi Stretch Mark Saat Hamil
Jakarta - Kemunculan stretch mark saat hamil adalah hal yang wajar. Bahkan, pada beberapa wanita, stretch mark justru makin terlihat pasca melahirkan. Menurut dr Euis Mutmainnah, SpKK, dari RSUP Persahabatan, pada dasarnya stretch mark muncul karena kulit tak mampu mengikuti penambahan bobot tubuh yang terlalu cepat.

"Ketika tubuh makin besar, kulit akan merenggang kuat hingga kehilangan elastisitasnya. Stretch mark biasanya terjadi pada ibu hamil yang perutnya tiba-tiba besar atau bisa juga pada remaja yang gemuk," kata dr Euis dikutip dari detikcom.

Nah, jika Bunda ingin mengurangi stretch mark secara alami, ada enam bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasinya dilansir The Healthy Honeys.


1. Gelatin
6 Bahan Alami untuk Mengurangi Stretch Mark Saat HamilGelatin/ Foto: iStock
Gelatin adalah bahan yang bagus untuk mencegah stretch mark. Pembentukan kolagen sangat penting dalam meningkatkan elastisitas kulit. Nah, untuk meningkatkan pembentukan kolagen kulit, Bunda bisa mengonsumsi gelatin melalui makanan, salah satunya adalah kaldu.

2. Air mineral

Selama hamil, jangan lupa untuk menjaga tubuh untuk terhidrasi dengan baik. Selama kehamilan, volume darah meningkat. Tubuh otomatis butuh air mineral yang banyak. Jika kebutuhan air tercukupi, maka elastisitas kulit terjaga dengan optimal. Ibu hamil dianjurkan untuk minum 8-12 gelas air setiap hari.

3. VCO (Virgin Coconut Oil)
VCO/ VCO/ Foto: Istock
Kemampuan minyak kelapa untuk membuat kulit sehat telah dikenal selama berabad-abad. Minyak kelapa terdiri dari asam lemak rantai sedang. Jenis asam lemak ini tidak mudah teroksidasi. Oleh karena itu bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berbahaya. Waktu terbaik untuk memakainya adalah setelah mandi.


4. Minyak esensial
Minyak esensial/ Minyak esensial/ Foto: Thinkstock
Minyak esensial yang berguna untuk mencegah stretch mark antara lain, minyak zaitun, minyak castor, minyak almond dan minyak rosehip. Minyak-minyak tersebut bisa menjaga elastisitas kulit. Sebagian besar minyak bekerja dengan baik karena memiliki properti antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

5. Shea butter atau cocoa butter

Shea butter dan cocoa butter adalah dua emolien terbaik. Keduanya bisa menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Cocoa butter adalah lemak alami yang diekstrak dari biji kakao. Sedangkan shea butter dibuat dari kacang pohon karite, asam lemaknya diekstraksi dari kulit kacang. Keduanya bekerja dengan merangsang proses pembaruan kulit. Selain itu bisa mencegah dan membantu mengurangi stretch mark.

6. Konsumsi makanan yang sehat
Ilustrasi ibu hamil makan sehat/ Ilustrasi ibu hamil makan sehat/ Foto: iStock
Cara dan bahan makan menentukan kesehatan tubuh termasuk elastisitas kulit kita. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E, dan menjaga keseimbangan rasio omega 3: 6 yang baik.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi munculnya stretch mark. Pertama menjaga kenaikan berat badan agar tidak terlalu drastis. Usahakan setiap pertambahan sebulan usia kehamilan berat ibu hanya naik sekitar satu kg," pungkas dr Euis.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi