kehamilan

Saran Dokter soal Pemberian Insulin pada Ibu Hamil

Asri Ediyati Selasa, 30 Oct 2018 17:02 WIB
Saran Dokter soal Pemberian Insulin pada Ibu Hamil
Jakarta - Diabetes gestasional adalah diabetes mellitus yang terjadi pada saat kehamilan. Pastinya, seorang ibu akan melakukan yang terbaik untuk menjaga janinnya meski mengidap penyakit tersebut. Ngomong soal diabetes, akan selalu berkaitan dengan pemberian insulin untuk mengontrol gula darah.

Terkait pemberian insulin pada pengidap diabetes gestasional, ada beberapa penjelasan dan saran dari dokter yang perlu Bunda tahu. Menurut dr Wismandari SpPD-KEMD, insulin itu ada beberapa macam, tapi secara umum dibagi dua yakni human dan analog.

"Di banyak penelitian, yang aman untuk janin adalah human insulin. Sayangnya human insulin ini lebih sulit didapatkan dibanding insulin analog. Insulin analog sendiri bukannya nggak aman untuk kehamilan. Tapi bukti-bukti ilmiah tertulisnya lebih sedikit dibandingkan human insulin," kata dr Wisma saat ditemui di bilangan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
Saran Dokter soal Pemberian Insulin pada Ibu HamilSaran Dokter soal Pemberian Insulin pada Ibu Hamil/ Foto: Shutterstock





Menurut penuturan dr Wisma, pemberian insulin analog, perlahan tapi pasti mulai dinyatakan aman untuk dipakai ibu hamil dan untuk janin. Lalu, bagaimana dengan waktu pemberiannya?

"Insulin ada yang jangka panjang dan pendek, semua tergantung dengan pasien. Kalau yang butuh jangka panjang maka diberikan satu kali sehari. Kalau tiap makan, gula darahnya tinggi terus maka diberikan tiga kali sehari," ujar dr Wisma.

dr Wisma bilang pemberian insulin tergantung kebutuhan si pasien. Tentunya ibu hamil juga perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan, Bun.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi