kehamilan

10 Kondisi yang Disebut Jadi Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan

Safira Raudhatul Rabu, 07 Nov 2018 14:31 WIB
10 Kondisi yang Disebut Jadi Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan
Jakarta - Beberapa orang tua bisa jadi punya preferensi sendiri tentang jenis kelamin bayinya. Misalnya, Bunda dan Ayah pengen banget nih punya anak perempuan. Memang, untuk tahu Bunda hamil anak perempuan atau laki-laki bisa diketahui lewat pemeriksaan USG.

Namun, umumnya di masyarakat ada beberapa kondisi ibu hamil yang dipercaya jadi tanda ibu sedang hamil anak perempuan. Bagi Bunda yang sedang hamil, yuk disimak siapa tahu ada kondisi yang juga dialami dan bukan nggak mungkin Bunda sedang mengandung calon gadis cilik.

1. Posisi bayi cenderung berada di atas


Dilansir Mom Junction, jika posisi bayi lebih tinggi atau cenderung di atas, maka ada kemungkinan Bunda sedang mengandung bayi perempuan. Kemudian, kondisi yang bisa jadi tanda Bunda hamil anak perempuan yakni jika sebagian besar berat badan bayi berada di tengah-tengah perut.

Tanda Ibu Hamil Anak PerempuanTanda Ibu Hamil Anak Perempuan Foto: thinkstock
2. Morning sickness lebih parah

Saat hamil, morning sickness lumrah dialami ibu hamil karena ada perubahan hormonal dan menurunnya kadar gula darah. Nah, pada ibu yang hamil anak perempuan umumnya mereka mengalami morning sickness lebih parah.

Ada penelitian dari Ohio State University Wexner Medical Center jika ibu hamil perempuan lebih banyak memiliki cytokines yang pro-peradangan ketika terpapar bakteri. Cytokines merupakan level indikator imunitas ibu yang disebut cytokines, demikian dilansir detikcom.

3. Denyut jantung lebih cepat

Jika denyut jantung Bunda tinggi, sekitar 140-160 detak per menit, mungkin Bunda mengandung bayi perempuan.

4. Kulit berminyak dan berjerawat

Jika kulit cenderung berminyak dan jerawatan saat hamil, sering disebutkan itu tanda Bunda hamil anak perempuan. Meskipun, kulit berminyak dan jerawat bisa mucul karena perubahan hormonal di tubuh ya, Bun.

Tanda Ibu Hamil Anak PerempuanTanda Ibu Hamil Anak Perempuan/ Foto: Dok. Getty Images
5. Ngidam makanan manis

Jika Bunda lebih sering ngidam makanan manis seperti cokelat dan es krim daripada makanan pedas atau asam, ada kemungkinan Bunda sedang hamil anak perempuan.

Meski begitu, Bunda juga perlu ingat nggak baik jika ibu hamil terlalu sering konsumsi makanan manis karena dapat berpengaruh pada berat badan. Menurut American Association Pregnancy, saat hamil baiknya kita memperhatikan juga pemanis yang ada di makanan kita, Bun. Soalnya, pemanis buatan bisa terserap oleh bayi lewat plasenta dan bukan nggak mungkin berpengaruh pada kesehatan bayi.



6. Posisi tidur

Bila ibu hamil sering tidur dengan posisi menghadap sisi kanan, bisa jadi itu tanda ibu sedang mengandung bayi perempuan.

7. Rambut kusam dan tipis

Jika rambut terlihat tipis dan kusam, disebutkan bisa jadi Bunda hamil anak perempuan. Sebaliknya, jika rambut Bunda selama hamil berkilau, disebutkan bayi yang sedang dikandung berjenis kelamin laki-laki.

8. Warna urine

Warna urine juga bisa jadi tanda jenis kelamin bayi yang sedang dikandunga lho. Bila urine Bunda berwarna kuning kusam, itu berarti Bunda mengandung anak perempuan.

Tanda Ibu Hamil Anak PerempuanTanda Ibu Hamil Anak Perempuan/ Foto: iStock
9. Anggota keluarga punya banyak anak perempuan

Dikutip dari Made For Mums, garis keturunan juga bisa jadi prediktor jenis kelamin nih. Jadi, kalau di keluarga Bunda atau Ayah hampir semua anggotanya punya anak perempuan, bukan nggak mungkin anak yang di kandungan Bunda berjenis kelamin perempuan.

10. Ibu lebih moody

Jika Bunda cepat mengalami perubahan suasana hati seperti cepat marah dan depresi, disebutkan Bunda bisa aja sedang hamil anak perempuan.

"Hormon pada ibu hamil dapat cepat berubah seperti cepat marah dan jika bayi ibu perempuan, akan ada peningkatan kadar estrogen dalam tubuh," kata Dr Geetha Venkat, direktur klinik Harley Street Fertility

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi