sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Cara Prediksi Jenis Kelamin Bayi saat Hamil, Mitos atau Fakta?

Annisa Karnesyia Selasa, 21 Sep 2021 07:15 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption
Jakarta -

Banyak orang percaya, jenis kelamin bayi dalam kandungan bisa diprediksi dengan berbagai cara. Namun, bukan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG), Bunda.

Jenis kelamin anak katanya bisa ditentukan dari kondisi Bunda selama hamil lho. Ada pula percaya bahwa tes-tes khusus bisa memprediksi jenis kelamin buah hati.

Selama tidak ada bukti atau penelitian ilmiah yang menjelaskannya, Bunda enggak boleh asal percaya ya. Jenis kelamin anak hanya bisa ditentukan dari pemeriksaan USG di dokter kandungan atau bidan.


Melansir dari Romper, berikut 9 cara yang dianggap bisa memprediksi jenis kelamin anak saat Bunda hamil, beserta mitos atau faktanya:

Banner Crazy Rich LebakFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

1. Bentuk perut

Bentuk perut saat hamil seringkali dianggap bisa menentukan jenis kelamin bayi lho, Bunda. Dikatakan bahwa bentuk perut oval berarti Bunda tengah hamil anak perempuan. Sedangkan, bentuk perut yang bundar berarti sedang mengandung anak laki-laki. Benar enggak ya?

Dokter obgyn dari Miracare, Dr. Katerina Schkodzik, menjelaskan bahwa ini semua hanya mitos belaka. Bentuk perut saat hamil sama sekali tidak bisa memprediksi jenis kelamin anak dalam kandungan. Jenis kelamin hanya bisa dilihat dari pemeriksaan USG ya.

"Bentuk kesalahpahaman yang paling umum tentang jenis kelamin bayi berputar pada bentuk perut ibunya," kata Schkodzik.

"Beberapa mengatakan bahwa bentuk perut oval artinya hamil anak perempuan dan bentuk perut bulat hamil anak laki-laki. Ini tidak bisa dijelaskan karena bayi dalam kandungan itu bergerak dan tipe tubuh ibu hamil bervariasi," sambungnya.

2. Ukuran payudara

Mitos yang juga cukup populer untuk memprediksi jenis kelamin bayi adalah melihat ukuran payudara Bunda selama hamil. Payudara kanan yang tampak lebih besar dari kiri dapat berarti Bunda hamil anak perempuan.

Sebaliknya, payudara kiri lebih besar dari kanan berarti Bunda sedang hamil anak laki-laki. Ini semua hanya mitos ya, Bunda.

Melansir Healthline, ukuran payudara selama kehamilan bisa berubah karena faktor hormonal untuk persiapan menyusui. Faktanya, tidak ada dua payudara wanita yang memiliki ukuran sama persis.

Simak juga cerita Bunda Mila yang melahirkan sendiri meski sering jadi doula, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA HAMIL ANAK PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DIPREDIKSI DARI WAKTU KONSEPSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!