sign up SIGN UP search


kehamilan

Cegah Kanker Saat Hamil dengan Menjaga Kebersihan Mulut

Amelia Sewaka Kamis, 13 Dec 2018 19:00 WIB
Kebersihan mulut harus selalu dijaga, terlebih bagi ibu hamil. Nah, untuk mencegah timbulnya kanker mulut, yuk simak tipsnya bersama. caption
Jakarta - Sebagian besar masyarakat kita belum menyadari pentingnya menjaga kebersihan mulut. Padahal, rentan lho Bunda, terkena penyakit mulut kalau lalai menjaga kebersihannya.

Terutama bagi ibu hamil, yang sangat disarankan untuk menjaga kebersihan mulutnya. Menurut Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, drg Rahmi Amtha, MDS Sp.PM, PhD, rongga mulut pada ibu hamil mudah berdarah atau lebih sensitif karena dipengaruhi faktor hormonal. Sehingga, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kebersihan mulutnya.

"Kadang, ibu hamil karena sering mual atau muntah, mereka lupa tuh menjaga kebersihan mulutnya atau meninggalkan kegiatan yang berkaitan dengan mulut seperti sikat gigi. Walau begitu, bumil tetap harus meningkatkan oral hygiene-nya," papar drg Rahmi di tengah acara 'Cegah Kematian Akibat Kanker Rongga Mulut dengan Deteksi Dini Lesi Pra Kanker' di DLab Cocowork, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).


Cegah Kanker Saat Hamil dengan Menjaga Kebersihan MulutFoto: Istock
Drg Rahmi menjelaskan, semakin ibu hamil malas memperhatikan atau merawat kebersihan mulut, maka semakin banyak bakteri plak yang muncul. Ia menambahkan, ketika bakteri atau plak tersebut makin banyak dan mengeluarkan racun, maka hal tersebutlah yang menyebabkan peradangan pada gusi dan membuat gusi lebih mudah berdarah.

Nah, berikut tips dari drg Rahmi untuk menjaga kebersihan mulut pada ibu hamil:

1. Selalu membiasakan sikat gigi sesudah makan atau sarapan pagi hari dan sebelum tidur. Wajib ya, Bunda.

2. Jika menjaga kebersihan mulut makin sulit karena mual atau muntah saat hendak sikat gigi, coba bantu dengan obat kumur.

3. Makan makanan yang tinggi kandungan antioksidan, karena dapat meningkatkan kekenyalan atau kolagen pada jaringan gusi, sehingga membuat gusi tak mudah berdarah.

4. Jangan mudah menggunakan obat topikal (obat oles) yang ada di iklan, apapun jenis obatnya. Obat-obatan topikal kesannya menunda namun sebetulnya, drg Rahmi katakan, itu memberi kesempatan sel penyakit tersebut membelah diri lebih banyak yang akhirnya menimbulkan kanker.

(aml/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi