Sign Up search


kehamilan

8 Tanda Kehamilan Paling Mudah Bunda Kenali

Muhayati Faridatun Kamis, 20 Dec 2018 21:02 WIB
8 Tanda Kehamilan Paling Mudah Bunda Kenali
Jakarta - Bunda yang sedang menantikan berbadan dua, tentu akan lebih rajin mengecek dengan alat tes kehamilan. Lain halnya kalau Bunda memang tidak merencanakan untuk punya atau tambah momongan.

Nah, kalau mengalami gejala-gejala yang diuraikan di bawah ini, kemungkinan besar Bunda sedang hamil. Tapi untuk memastikan, baiknya Bunda segera periksa ke dokter kandungan atau bidan.

Selain terlambat menstruasi, masih banyak gejala awal lainnya yang menandakan Bunda sedang hamil. Berikut seperti dilansir Kid Spot:

1. Payudara bengkak

Perubahan pada payudara Bunda jadi salah satu tanda awal kehamilan. Selambatnya dua pekan setelah melakukan seks, hormon akan berubah dan membuat payudara Bunda lebih lembek, tapi membengkak.

2. Cepat lelah

Cepat merasa pegal dan lelah juga dianggap tanda kehamilan yang paling cepat dirasakan. Di awal masa kehamilan, kadar hormon progesteron meningkat tajam. Dalam kadar tinggi, hormon progesteron bisa memicu Bunda cepat mengantuk. Di saat yang sama, kadar gula darah rendah, tekanan darah rendah dan meningkatnya produksi darah akan menyita energi Bunda selama kehamilan.

3. Perdarahan

Perdarahan implantasi atau bercak darah, terjadi saat telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim, sekira 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Jenis bercak ini biasanya lebih awal dan berwarna lebih terang dari menstruasi normal, kemudian tidak berlangsung lama. Beberapa perempuan juga mengalami kram perut di awal kehamilan, yang mirip dengan kram menstruasi. (muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi