kehamilan

Bunda, Simak Yuk tips Meredakan Flu dan Pilek Saat Hamil

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 02 Jan 2019 16:54 WIB
Bunda, Simak Yuk tips Meredakan Flu dan Pilek Saat Hamil
Jakarta - Bunda, sudah tahu kan kalau selama hamil dilarang minum obat sembarangan? Namun, nggak bisa dipungkiri saat hamil akan mengalami flu dan pilek nih. Bahkan, bisa terjadi hingga beberapa kali sepanjang kehamilan.

Suhu tubuh yang meningkat, membuat Bunda lebih cepat gerah. Jadi kadang-kadang, kita nggak sadar ya, Bun, kalau kebanyakan minum dingin atau di ruang berpendingin terlalu lama. Terus gimana nih solusinya?

Melansir Health Line, University of Michigan Health System dan sebagian besar dokter kandungan menyarankan agar ibu hamil menghindari obat apapun, dalam 12 minggu awal kehamilan. Menurut mereka, itu adalah waktu kritis untuk perkembangan organ vital bayi, Bun.




Tak hanya itu saja, karena para dokter kandungan juga masih menyarankan ibu hamil agar tetap hati-hati setelah minggu ke-28 lho. Namun tetap harus ditangani ya, Bun, jangan sampai diabaikan. Lebih baik Bunda konsultasi terlebih dulu ke dokter kandungan, Jika flu dan pilek sudah terasa sangat berat.

Profesor Obstetri dan Ginekologi Klinik di University of Sidney, dr Michael Nicholl mengatakan jika pernah melihat sendiri konsekuensi paling buruk pada ibu hamil. Ternyata, hampir setiap musim dia melihat ibu hamil memerlukan perawatan intensif karena flu.

"Jika seseorang terkena flu selama kehamilan, maka memiliki risiko lima kali lipat kehilangan kehamilan atau keguguran, bayi dalam kandungan meninggal atau kematian neonatal," ungkap Nicholl pada Essential Baby.

Bunda, Simak Yuk tips Meredakan Flu dan Pilek Saat HamilFlu saat hamil/ Foto: iStock
Duh, ternyata bisa berakibat sefatal itu ya, Bun. Untuk mencegahnya bertambah parah, Bunda bisa melakukan beberapa penanganan pertama seperti cukup istirahat, diimbangi dengan minum air putih lebih banyak. Serta, berkumur dengan air garam hangat jika mengalami sakit tenggorokan atau batuk.

Jika tak kunjung reda, Bunda bisa mencoba saline tetes hidung untuk melonggarkan lendir hidung dan menenangkan peradangan di dalamnya. Selain itu, mintalah bantuan suami untuk merebuskan air panas untuk mandi, dan membuat uap air panas di dalam ruangan.

Bantu dengan mengonsumsi sop ayam, untuk meredakan peradangan dan mengatasi hidung tersumbat. Tambahkan madu atau lemon dalam secangkir teh rendah kafein, untuk meredakan sakit tenggorokan.

Buat Bunda yang baru merasakan gejala flu, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegahnya bertambah parah.

1. Sering mencuci tangan.
2. Tidur cukup dan berkualitas.
3. Mengonsumsi makanan sehat.
4. Menghindari kontak dekat dengan keluarga dan teman yang sakit.
5. Melakukan olahraga ringan secara teratur.
6. Mengurangi stres.

Segera hubungi dokter, saat Bunda mengalami pusing berkepanjangan, sulit bernapas, nyeri atau heartburn, pendarahan, muntah parah, demam tinggi dan gerakan janin menurun.

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi