kehamilan

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Seperti Dialami Jessica Simpson

Amelia Sewaka Jumat, 11 Jan 2019 15:07 WIB
Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Seperti Dialami Jessica Simpson
Jakarta - Los Angeles, AS - Baru-baru ini, aktris cantik Jessica Simpson 'menyuarakan' permintaan tolong di akun Instagram miliknya. Ia mengunggah foto kakinya dengan kondisi bengkak. Duh...

"Ada solusi? Tolong!," tulis pelantun hits I Wanna Love You Forever ini.





[Gambas:Instagram]



Merasa pernah bernasib sama, para penggemar Jessica Simpson pun banyak berkomentar dalam postingan tersebut. Salah satunya, ada yang berbagi cerita yang sama saat kehamilan pertamanya, dan memberi saran untuk bersabar dan banyak berbaring. Ada pula netizen yang menyarankan Jessica untuk beristirahat sebanyak mungkin dan perbanyak posisi kaki terangkat.

September lalu, Jessica dan sang suami, Johnson, mengumumkan sedang menantikan bayi yang ketiga. Di kehamilannya yang ketiga ini, Jessica memang mengalami beberapa kesulitan. Seperti yang terlihat dalam postingan sebelumnya, dia mengunggah foto dirinya yang diberi keterangan 'Hari yang sakit'.

Jessica dan Johnson menikah sejak 2014 dan dikaruniai dua anak yang menggemaskan, Maxwell 'Maxi' Drew (6) dan Ace Knute (5). Ia bercerita, kedua anaknya tersebut sudah tidak sabar ingin menyambut kelahiran sang adik.

[Gambas:Instagram]




"Anak-anak tidak berhenti bertanya tentang calon adiknya. Mereka ingin tahu tiap detailnya, seperti bagaimana susu bisa keluar dari tubuhku, bagaimana ada bayi di perutku dan bagaimana berkomunikasi dengan calon adik mereka," kata Jessica dilansir People.

Selain itu, Jessica Simpson mengakui di kehamilannya yang ketiga ini, dia menginginkan banyak hal. Beberapa makanan manis terutama seperti pop-tarts, roti kayu manis, gummy bear adalah makanan yang sering dikonsumsi belakangan ini.

Bicara soal kaki bengkak seperti yang Jessica Simpson alami, American Pregnancy Association menjelaskan bahwa selama kehamilan, tubuh memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang. Pembengkakan yang disebut edema ini sering terjadi pada tangan, wajah, kaki, pergelangan kaki, dan kaki. Ini dianggap normal, Bun.

Menurut dr Jolinda Johary M.Med dari Go Dok, kaki bengkak saat hamil adalah hal wajar. Apalagi jika usia kehamilan sudah menginjak trimester kedua. Ini terjadi karena kehadiran janin di dalam kandungan memengaruhi metabolisme dan kerja fungsi organ tubuh.

"Untuk mengatasi pembengkakan kaki ibu hamil yang normal atau bukan karena suatu penyakit, jangan sering berdiri, banyak bergerak, meninggikan posisi kaki, konsumsi makanan yang sehat, pakai alas kaki yang nyaman, tidur dengan posisi miring, minum air yang cukup, hindari konsumsi garam berlebih, hindari kafein, lakukan pemijatan halus dan lembut pada kaki," tutur dr Jolinda.


(aml/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi