kehamilan

4 Fakta Unik Perkembangan Mata Bayi Saat di Kandungan

Asri Ediyati Jumat, 18 Jan 2019 12:26 WIB
4 Fakta Unik Perkembangan Mata Bayi Saat di Kandungan
Jakarta - Perkembangan organ tubuh janin terjadi di mulai dari trimester pertama. Tepatnya, pada minggu ketiga. Pastinya senang ya, Bun, saat melihat janin tumbuh dengan sehat. Lalu, bagaimana dengan perkembangan masing-masing organ? Seperti mata misalnya, Bun. Menurut Victoria Ort, PhD dan David Howard, MD dari New York University, perkembangan utama mata terjadi antara minggu 3 dan minggu 10.

"Pertumbuhan organ mata melibatkan ektoderm, sel krista neural, dan mesenkim," tulis Victoria dan David di Development of The Eye yang diterbitkan oleh New York University.

Nah, untuk tahu lebih lanjut, simak empat fakta unik perkembangan mata janin dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berawal dari sel saraf

Seperti organ-organ lain yang bertanggung jawab atas panca indera, hidung dan telinga. Mata dikendalikan oleh otak, yang terhubung melalui sel-sel saraf. Ketika janin tumbuh, salah satu bagian pertama dari sistem visual yang mulai berkembang adalah saraf optik, kumpulan tebal jutaan sel saraf individu yang akan meneruskan informasi dari mata ke otak dan sebaliknya. Demikian dikutip dari What to Expect.

2. Pembentukan dilakukan secara bertahap

Selama minggu keempat kehamilan, sel-sel dari jaringan otak yang berkembang mulai membentuk dua saraf optik, satu di setiap sisi kepala. Di waktu yang sama, sel-sel lain mulai membentuk jaringan yang kemudian menjadi lensa mata, yang akan membantu bayi fokus pada objek baik pada jarak dekat maupun jauh.

Sekitar sebulan kemudian, sekitar minggu ke-8 kehamilan, struktur mata bahkan lebih kompleks dan retina (lapisan sel di belakang mata yang menangkap dan memproses cahaya) mulai terbentuk.
4 Fakta Unik Perkembangan Mata Bayi Saat di Kandungan4 Fakta Unik Perkembangan Mata Bayi Saat di Kandungan/ Foto: iStock

3. Mata mulai bergerak di minggu ke-16

Pada minggu ke-16, mata bayi sudah mulai menangkap cahaya. Matanya dapat membuat sedikit gerakan dari sisi satu ke sisi lainny, sebagai respons terhadapnya. Meskipun kelopak mata masih belum terbuka pada saat itu.

4. Kelopak mata masih menutup hingga usia 28 minggu

Mengutip Parents, kelopak mata bayi yang belum lahir tetap tertutup sampai kehamilan berusia sekitar 28 minggu, yang memungkinkan retina berkembang sepenuhnya. Setelah itu, matanya terbuka dan bahkan mulai berkedip. Fakta serunya adalah begitu mata mereka terbuka di dalam rahim. Jika bayi Bunda kembar, mereka dapat saling menemukan, akan menyentuh wajah satu sama lain atau berpegangan tangan, lho.

Sangat mendebarkan ya, Bun, menyimak perkembangan janin dari minggu ke minggu. Semoga Bunda dan calon bayi senantiasa sehat ya!

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi