kehamilan

Siklus Rambut Bayi di Kandungan Bisa Alami Kerontokan?

Asri Ediyati Minggu, 20 Jan 2019 09:00 WIB
Siklus Rambut Bayi di Kandungan Bisa Alami Kerontokan?
Jakarta - Rambut bayi menjadi salah satu bagian tubuh yang membuat orang tua penasaran. Ada yang menginginkan rambut anaknya tebal, lurus dan hitam. Namun ternyata, semua bayi terlahir dengan rambut tanpa warna, Bun.

Sedangkan tebal dan tipisnya rambut bayi tergantung pada genetiknya, Bun. Namun, seiring waktu rambut bayi akan tumbuh panjang setelah dilahirkan. Nah, bagaimana dengan pertumbuhan rambut bayi ketika di dalam kandungan? Apa bisa tumbuh panjang?

Dilansir What to Expect, pertumbuhan rambut bayi pada dasarnya tidak terbatas. Pada minggu ke-14 atau 15 kehamilan, rambut bayi mulai tumbuh. Sepanjang kehamilan, rambut bayi akan melewati dua siklus, rontok dan tumbuh kembali.


Nah, untuk penjabaran lebih lanjut, berikut dilansir The Bump pertumbuhan rambut bayi sepanjang kehamilan.

1. Trimester pertama

Folikel rambut mulai terbentuk selama minggu ke 14 kehamilan, dan pada minggu ke 15, pola rambut mulai muncul di kulit kepala bayi ketika rambut mendorong ke atas melalui kulit. Menurut DesireƩ McCarthy-Keith, MD, MPH, ahli reproduksi endokrinologi di Shady Grove Fertility, Atlanta, jika melihat ultrasound, kita mungkin melihat lingkaran cahaya kecil di sekitar kepala, yang berambut di kulit kepala
Siklus Rambut Bayi di Kandungan Bisa Alami Kerontokan?Siklus Rambut Bayi di Kandungan Bisa Alami Kerontokan?/ Foto: iStock

2. Trimester kedua

Pada minggu ke 21 kehamilan, tubuh bayi (bukan kepala) akan ditutupi lapisan rambut yang lembut yang disebut lanugo. Lapisan tersebut membantu melindungi kulit saat berkembang dan menjaga bayi tetap hangat. Sekitar minggu ke-22, bulu mata dan alis mulai terbentuk.

3. Trimester ketiga

Lanugo biasanya hilang pada trimester terakhir, meskipun beberapa bayi mungkin dilahirkan dengan rambut lembut di punggung dan bahu mereka. Setelah lanugo rontok, ia digantikan oleh rambut halus dan tidak berwarna yang disebut vellus.

Mirip dengan pigmentasi kulit, ketebalan dan warna rambut anak akan berubah seiring waktu setelah bayi lahir. Tidak hanya akan menipis, tetapi juga mungkin akan lebih terang atau lebih gelap selama beberapa tahun pertama kehidupan.

"Selama kehamilan, rambut akan tumbuh dan luruh dalam dua atau tiga siklus, sama seperti rambut orang dewasa. Rambut janin yang rontok kemudian terurai dalam cairan ketuban," kata Joseph Ouzounian, MD, kepala divisi maternal-fetal medicine di Keck School of Medicine, University of Southern California (aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi